Viral Video Ibu Hamil Digotong Warga Melewati Jalan Berlumpur, Ini Kronologinya

Sebuah video yang memperlihatkan warga menggotong ibu hamil melewati jalan berlumpur viral di media sosial.

Editor: prawira maulana
INSTAGRAM
Viral beredar video memperlihatkan warga menggotong ibu hamil melewati jalan berlumpur yang beredar di Muratara. 

 
TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA – Sebuah video yang memperlihatkan warga menggotong ibu hamil melewati jalan berlumpur viral di media sosial.
 
Kejadian itu terjadi di wilayah Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel).
 
Sejumlah orang yang ada dalam video tersebut diketahui merupakan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Bingin Teluk, Kecamatan Rawas Ilir.
 
Kepala Puskesmas Bingin Teluk, dr Hendra membenarkan bahwa nakes yang ada dalam video yang viral itu bertugas di Puskesmas di bawah pimpinannya.
 
"Iya benar itu nakes di Puskesmas kita, video itu benar terjadi di wilayah Kecamatan Rawas Ilir (Muratara Sumsel)," kata Hendra dihubungi Tribunsumsel.com, Senin (17/1/2022).
 
Dia menjelaskan nakes Puskesmas Bingin Teluk menjemput seorang ibu hamil yang hendak melahirkan menggunakan ambulans.
 
Ibu hamil itu bernama Rusmina (40) tinggal di Dusun 7 (Sungai Gulo), Desa Beringin Makmur II, Kecamatan Rawas Ilir, Muratara, Sumsel.
 
"Itu pasien dari Sungai Gulo. Pasien itu mau melahirkan, nakes kita menjemput, ada dokter dan bidan ikut jemput, kejadiannya hari Sabtu (15/1/2022) kemarin," kata Hendra.
 
Dia mengatakan mobil ambulans Puskesmas tidak bisa menuju dusun ibu hamil tersebut karena kondisi jalan berlumpur dan licin.
 
Jalan yang masih tanah kuning itu biasanya bisa dilewati kendaraan, namun karena diguyur hujan sehingga mengalami kesulitan.
 
Alhasil, ibu hamil itu dibawa terlebih dahulu menggunakan mobil milik warga di dusunnya lalu dipindahkan ke ambulans Puskesmas Bingin Teluk.
 
"Karena lokasi dusunnya itu jauh, jadi dia dibawa pakai mobil warga dulu dari sana, kami menyusul jemput.
 
Nah pas di jalan licin itu, kendaraan kita sama-sama tidak bisa lewat. Dari sana tidak bisa lewat ke sini, ambulans kami juga tidak bisa lewat ke sana, jadi digotonglah," jelas Hendra.
 
Dia mengatakan warga menggotong ibu hamil melewati jalan berlumpur itu sekitar 10 menit perjalanan kaki.
 
Ibu hamil tersebut kemudian dipindahkan ke ambulans lalu dibawa ke Puskesmas Bingin Teluk.
Setelah dilakukan penanganan awal di Puskesmas, ternyata ibu hamil itu tidak bisa melahirkan normal sehingga dirujuk ke rumah sakit.
 
"Posisi bayinya melintang, tidak normal, setalah kita lakukan penanganan awal, kemudian kita rujuk ke rumah sakit. Kabarnya ibu dan bayinya selamat semua," ujar Hendra.
 
Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Viral Video Warga Gotong Ibu Hamil Lewati Jalan Berlumpur di Muratara, Ini Cerita Lengkapnya, https://sumsel.tribunnews.com/2022/01/17/viral-video-warga-gotong-ibu-hamil-lewati-jalan-berlumpur-di-muratara-ini-cerita-lengkapnya?page=all.
Penulis: Rahmat Aizullah | Editor: Vanda Rosetiati 
 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved