Petakan 5,3 KM Wilayah Pantai Panjang, Ini Penekanan Sekda Provinsi Bengkulu Untuk DLHK

Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus memantapkan langkah untuk mengelola objek wisata pantai panjang Kota Bengkulu,

Penulis: Beta Misutra | Editor: prawira maulana
BETA MISUTRA
Pertemuan terbatas Sekda bersama DLHK dan Karo Pamkesra Setda Provinsi Bengkulu, Senin (17/1/2022). 

Laporan Beta Misutra, Reporter TribunBengkulu.com

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus memantapkan langkah untuk mengelola objek wisata pantai panjang Kota Bengkulu, yang menjadi salah satu objek wisata andalan di Provinsi Bengkulu.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu juga telah membentuk tim 13 yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang akan bekerja untuk mempersiapkan pengelolaan pantai panjang ke depan menjadi lebih baik sebelum terbitnya Hak Pengelolaan Lahan (HPL).

Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menyebutkan, saat ini pihaknya juga sudah mulai melakukan langka penataan wilayah pantai panjang.

Dimana penataan tersebut meliputi pemetaan terhadap wilayah sepanjang 5,3 Kilometer (KM) menjadi 40 pemetaan.

"Nanti masing-masing pemetaan akan dilakukan kerjasama kemitraan antara OPD dan pedagang di setiap zona yang akan dibagi," ungkap Sekda usai melakukan rapat terbatas dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu dan Karo Pamkesra, Senin (17/1/2022).

Dikatakan Sekda, khusus untuk DLHK tentunya akan bermitra dengan pedagang untuk memastikan kebersihan di wilayah pantai panjang Kota Bengkulu. Apalagi mengingat memang salah satu tupoksi DLHK untuk menjaga kebersihan dan keindahan wilayah Provinsi Bengkulu, tidak terkecuali pantai panjang.

"Nanti DLHK akan bertanggungjawab mulai dari kebersihan pantai panjang, termasuk juga membina pedagang dan lainnya," ujar Hamka.

Terpisah Plt Kadis LHK Provinsi Bengkulu, Safnizar pihaknya siap untuk bermitra dengan seluruh pedagang yang ada di pantai panjang. Termasuk juga dengan pengusaha pengusaha yang akan disepanjang jalan pariwisata seperti pemilik hotel, restoran dan juga tempat hiburan.

Safnizar menyatakan, sesuai arahan pak Sekda, pihaknya akan mengajak mereka untuk ersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan pantai panjang. Termasuk juga memberdayakan semua yang ada di sana untuk sama-sama terlibat membersihkan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

"Sesuai dengan arahan, kita siap untuk melakukan pemberdayaan dan edukasi sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat dalam rangka untuk menciptakan kebersihan di wilayah pantai panjang," singkatnya.  

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved