Lagi, Harimau Berkeliaran di Pemukiman Warga di Mukomuko, Serang Ternak Warga

Diduga seekor harimau sumatera masuk ke dalam pemukiman warga, tepatnya di kawasan desa Lubuk Talang Kecamatan Malin

Editor: prawira maulana
ARTERRA/GETTY
Harimau. 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Diduga seekor harimau sumatera masuk ke dalam pemukiman warga, tepatnya di kawasan desa Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko, pada Selasa (25/1/2022).

Dari informasi yang didapat, kejadian sekitar pukul 01.30 malam, lantaran salah seorang warga bernama Panut melihat satu ekor sapi miliknya telah di serang.

Jarak dari rumah warga sekitar 15 meter, ditemukan di badan sapi terdapat bekas cakaran.

Saat di konfirmasi melalui sambungan telepon, Kepala Desa Lubuk Talang, Siswandi mengatakan kejadian ini bukan hanya pertama kali, namun sudah ada 6 ekor sapi milik warga yang diduga diserang oleh harimau, sejak beberapa bulan lalu.

Ia menambahkan, atas kejadian ini warga mengalami kepanikan dan takut untuk beraktivitas seperti biasanya.

Dia juga meminta pihak terkait seperti BKSDA Bengkulu untuk segera melakukan tindakan.

"Atas kejadian ini warga mengalami kepanikan untuk melakukan aktivitas seperti biasa, diharapkan pihak terkait segera untuk melakukan tindakan" Jelas Kepala Desa Lubuk Talang.

Sementara itu, Kepala BKSDA Bengkulu Donal Hutasoit, melalui Kepala KPHK Seblat ,Asep M Nasir mengatakan, mendapatkan laporan dari kepala desa lubuk talang, bahwa malam telah terjadi konflik harimau mengganggu dan memangsa hewan ternak milik warga.

"Kejadian pukul 3 dini hari, ternak warga dimangsa harimau," kata Asep saat dihubungi (26/01/2022).

Asep menjelaskan, beberapa tempo yang lalu kita team kolaborasi dari balai KSDA Bengkulu , PHS dan LSM Lingkar institut telah melakukan sosilaisai kemasyarakat serta melakukan penghalauan satwa harimau merupakan satwa yang dilindungi oleh undang-undang ke habitatnya.

"Lokasi konflik berbatasan langsung dengan kawasan HP Air Ipuh I dengan jarak tidak jauh Antara 500 m sampai 1 km," jelas Asep.

(Panji)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved