Melihat Dari Dekat Makam-makam Orang Inggris di Kota Bengkulu, Masih Ramai Dikunjungi

Meski terbilang unik dan sangat memiliki nilai sejarah, tidak seperti destinasi wisata sejarah lainnya suasana di Makan Inggris terlihat cukup sepi.

Penulis: Kartika Aditia | Editor: prawira maulana
TribunBengkulu.com

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Memiliki banyak destinasi wisata alam, Kota Bengkulu juga memiliki destinasi wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungki. Salah satunya adalah Makam Inggris yang terletak di Jalan Vetran Kelurahan Jitra Kota Bengkulu.

Digunakan sejak tahun 1714, makam ini semula dibuat untuk menggantikan kuburan Bangsa Inggris yang berada di dekat Benteng York. Memiliki struktur ala bangsa Eropa Kuno, jumlah makam di komplek makam inggris ini memiliki setidaknya 1000 makan. Namun, saat ini hanya tersisa sekitar 53 makam karna adanya pengalihan lahan untuk pembangunan di sekitar lokasi Makakam. Adapun bangunan-banguna  yang dibangung yaitu, Gereja, Kantor KUA, Puskesmas dan masih banyak lagi.

Meski terbilang unik dan sangat memiliki nilai sejarah, tidak seperti destinasi wisata sejarah lainnya suasana di Makan Inggris terlihat cukup sepi. Namun menurut penuturan warga setempat dibeberapa waktu masih ada yang berkunjung untuk beberapa keperluan, yakni untuk menggali informasi mengenai bangunan bersejarah tersebut, berfoto, mengambil video maupun untuk kepeningan dokumentasi lainya.

“Kalo sekarang emang lumayan sepi mbak, tapi kadang-kadang ado yang datang untuk ngambik foto. Ado jugo yang datang berombongan, dak tau ngapo.” ucap Andre yang merupakan tukang ojek online yang sering mangkal di makam inggris, Jumat (4/2/2022).

Meskipun makam-makam ini bekas kuburan para penjajah, namun tidak ada kesan mistis yang kuat atau horor, terlebih di area komplek makam sudah banyak pemukiman warga.

“Kalo raso-raso angker dak ado, Cuma tetap ajo harus sopan karno cak mano juga ini makam kan.” Tutur Suwarni Rima, Juumat (4/2/2022).

Makam ini terdapat berbagai ukuran, mulai yang hanya mempunyai tinggi 50 Cm. Nisan paling tinggi di kompleks makam ini mempunyai ukuran lebih dari 4 meter. Bentuk dari makam ini pun berbagai macam ragam, ada yang berbentuk kerucut, ada yang bagian atasnya terdapat bentuk hewan, ada yang hanya berbentuk persegi dan masih banyak lagi

 

 

 


 

 

 

 

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved