Dugaan Korupsi Dana Beasiswa, 400 Mahasiswa di Aceh Terancam Jadi Tersangka

Sebanyak 400 mahasiswa di Aceh menerima dana beasiswa padahal mereka tidak memenuhi syarat untuk menerima dana beasiswa tersebut.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
Kompas.com
Kombes Pol Winardy, Kabid Humas Polda Aceh saat memberikan keterang pers kepada jurnalis, Jumat (18/02/2022).(Foto Dok Bidhumas Polda Aceh) 

TRIBUNBENGKULU.COM - Sebanyak 400 mahasiswa di Aceh terancam menjadi tersangka. Hal ini dikarenakan para mahasiswa tersebut menerima dana beasiswa padahal tidak memenuhi syarat.


Dilansir dari Kompas.com, saat ini kasus dugaan korupsi dana beasiswa tersebut ditangani oleh Ditreskrimsus Polda Aceh.


Dana beasiswa tersebut bersumber dari dari dana otonomi khusus tahun 2017 melalui aspirasi anggota DPR Aceh.


Dijelaskan oleh Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Sony Sonjaya, S.I.K dengan Direktur Korsup KPK dan tim, berdasarkan hasil diskusi materi perkara, bahwa ke 400 mahasiswa yang menerima dana beasiswa tersebut tidak memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa.


“Sehingga perbuatan mereka merupakan perbuatan melawan hukum. Karena mahasiswa penerima beasiswa itu mengetahui bahwa mereka tidak layak menerima (beasiswa), apalagi mereka bersedia dana beasiswa dipotong oleh para korlap," ujar Kombes Pol Winardy.


Lanjut Winardy, kesedian mahasiswa penerima dana beasiswa tersebut untuk dipotong sudah menunjukkan adanya pengetahuan dari mahasiswa bahwa mereka tidak berhak untuk menerima dana beasiswa tersebut.


"Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka sebetulnya memahami dan menyepakati bahwa mereka menerima dana beasiswa meskipun tidak memenuhi syarat sebagai penerima beasiswa,” sambungnya.


Dijelaskan Winardy, sebaiknya mahasiswa penerima dana beasiswa tersebut mengembalikan dana nya agar proses hukum dapat diselesaikan dengan cara yang baik, mengingat mereka adalah mahasiswa yang masih harus menempuh pendidikan.


"Penyidik lebih mengutamakan agar kerugian negara dikembalikan daripada menghukum para mahasiswa yang menerima beasiswa tidak sesuai persyaratan," tutupnya. 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "400 Mahasiswa Penerima Beasiswa di Aceh Bisa Lepas dari Ancaman Tersangka Korupsi, Asal...", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2022/02/18/141809878/400-mahasiswa-penerima-beasiswa-di-aceh-bisa-lepas-dari-ancaman-tersangka.
Penulis : Kontributor Kompas TV Aceh, Raja Umar
Editor : Gloria Setyvani Putri

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved