4 Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen, Bisa Dilakukan Mandiri Maupun dengan Dokter

Cara meningkatan saturasi oksigen baik dengan dokter maupun secara mandiri.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
TribunNews.com
Inilah cara memakai Oximeter, alat ukur saturasi oksigen bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Saat ini banyak sekali masyarakat yang tengah isolasi mandiri namun juga dituntut untuk selalu menjaga saturasi oksigen agar dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.


Secara definisi saturasi oksigen merupakan sebuah tolak ukur untuk menakar suatu kadar oksigen di dalam aliran darah.


Pengukuran saturasi oksigen ini sangat penting apalagi bagi yang isoman mengingat pengukuran ini dilakukan untuk mengetahui apa kondisi oksigen didalam tubuh kita apakah kurang atau sebaliknya.


Saturasi oksigen harus dilakukan pemantauan nya setiap hari, karena ini sangat berpengaruh dengan fungsi organ dan jaringan tubuh.


Kini, selain termometer, hampir setiap semua rumah memerlukan oxymetry atau alat ukur saturasi kadar oksigen.


Dilansir dari TribunNews.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro pun memaparkan bagaimana mengetahui level saturasi yang baik.


Dijelaskan oleh dr. Reisa bahwa jika saturasi oksigen kita keluar di angka 95-100 persen itu dalam kondisi baik, namun jika angkanya dibawah 95 persen maka untuk orang-orang orang yang sedang melakukan isolasi mandiri harus menghubungi petugas telemedecine.


Namun Tribuners berikut TribunBengkulu.com akan memberikan tips cara meningkatkan saturasi oksigen. Khususnya untuk orang-orang yang sedang melakukan isolasi mandiri.


Cara pertama, yang dapat Anda lakukan adalah baringkan badan anda dengan tengkurap diatas perut. Jalankan dan lakukan posisi tersebut selama tiga puluh (30) menit.


Selain itu gunakan alas bantal dibawah, leher, pinggul, kaki.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved