Akankah Pandemi Berakhir dengan Endemi?

Belum diketahui pasti kapan akan terjadinya status pandemi menjadi endemi

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
Google
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNBENGKULU.COM - Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 menyatakan bahwa pandemi Covid-19 saat ini statusnya akan berubah menjadi endemi.

Hal tersebut bila situasi sudah dapat terkendali. Meski demikian, bukan berarti kasus covid-19 sudah hilang, melainkan kasusnya bisa tertangani.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, belum diketahui pasti kapan akan terjadinya endemi ini.

Lantas apa itu endemi, sebab masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu endemi.

Dilansir dari kompas.com, secara konsisten endemi merupakan wabah penyakit yang ada, tetapi terbatas dan hanya ada di wilayah tertentu dengan demikian, tingkat penularan serta penyebaran penyakit bisa diprediksi.

Ada dua indikator dari mulanya berstatus pandemi menjadi endemi yakni :

1. Meningkatnya kekuatan tubuh masyarakat terhadap virus corona


2. Menurunnya angka infeksi alamiah, sehingga jumlah pasien yang dirawat dan angka kematian covid-19 menurun.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dalam istilah yang luas endemi merujuk pada penyakit atau perilaku kesehatan tertentu lainnya dengan tingkat yang jelas di atas kejadian yang diharapkan dalam suatu komunitas atau wilayah.

Berbeda halnya dengan endemi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemi merupakan suatu kondisi di mana adanya pertumbuhan penyakit yang berkembang secara eksponensial. Keadaan ini terbukti akibat dari cepatnya penyebaran Covid-19 yang awalnya berasal dari China kemudian menyebar hingga ke seluruh dunia.

WHO menjelaskan epidemi dan pandemi dapat dibedakan bukan pada tingkat keparahan penyakitnya melainkan sejauh mana penyebarannya.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Endemi dan Bedanya dengan Pandemi? Pakar Sebut Covid-19 akan Jadi Endemi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/21/190300323/apa-itu-endemi-dan-bedanya-dengan-pandemi-pakar-sebut-covid-19-akan-jadi?

Penulis : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas
Editor : Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved