Cerita Pedagang di Bengkulu Bisa Dapat Kios Gratis di ECC Berendo, Berawal dari Proposal

Yati Hilma owner dari UMKM Makanan Cemilan Khas Bengkulu ini bercerita awal mulanya dia bisa mendapat Kios tersebut

Penulis: Achmad Fadian | Editor: prawira maulana
ACHMAD FADIAN
Yati Hilma owner dari UMKM Makanan Cemilan Khas Bengkulu kini bisa berjualan di EEC Berendo Kota Bengkulu 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com Achmad Fadian

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Salah satu pedagang yang berjualan di Kios gratis di Alun-Alun Berendo Kota Bengkulu ini, mengaku sangat bersyukur karena sebelumnya hanya berjualan online.

Yati Hilma owner dari UMKM Makanan Cemilan Khas Bengkulu ini bercerita awal mulanya dia bisa mendapat kios tersebut, dari mengajukan proposal ke Dinas Koperasi Kota, untuk memaparkan hasil produk yang dijual.

"Alhamdulillah, yang kami jual makanan ringan yang olahan ibu rumah tangga. Apalagi, masalah pemasaran itu paling pelik, terkadang sudah capek masak, tapi mau jualnya binggung kemana," ujar Yati kepada TribunBengkulu.com, (14/3/2022).

Yati mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan PLN , bisa menjual hasil produksi ke masyarakat.

"Apalagi, kami juga dibantu fasilitas seperti kompor listrik, kulkas listrik electrik, jadi hemat gas," ungkapnya.

Produk yang diproduksi lalu dijual, berupa stik keju, ikan tenggiri, kue tart asli Bengkulu dan masih banyak lagi.

"Selama pandemi Covid-19, penjualan kami menurun drastis, jualan online yang mau beli juga minim, mencukupi kebutuhan sehari-hari saja susah. Alhamdulillah, bantuan dari pemerintah, Covid-19 sudah mulai mereda, Insya Allah, penjualan akan laris lagi," harapnya.


Di sisi lain, Manager PLN UP3 Bengkulu, Hendra Irawan mengatakan, terkait ECC ini untuk menampung para pedagang di sekitaran Alun-Alun Berendo.

Konsepnya untuk menata para pedagang agar tertib berjualan. Pihaknya menyediakan 9 lapak dagang. Namun, ada para pedagang yang mengundurkan diri.

"Tentunya, keberadaan ECC ini kami melalui sinergi dengan Pemkot, harapannya program ini berkelanjutan, konsepnya berbeda dengan CSR memberi sekali dana sudah, kalau ini melakukan pendampingan dan pembinaan, dengan didampingi Dinas Koperasi Kota," ujar Hendra Pria perawakan masih tampak muda ini kepada TribunBengkulu.com. 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved