Gempa Bumi 7,3 M di Jepang Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi 7,3 M di Jepang Berpotensi Tsunami. Aliran listrik jutaan rumah di Jepang padam usai gempa bumi

Penulis: Kartika Aditia | Editor: M Arif Hidayat
Pixabay.com
Ilustrasi Seismograf | Berpotensi Tsunami, Gempa Bumi Di Jepang 7,3 M Mengakibatkan Aliran Listrik Jutaan Rumah Padam 

TRIBUNBENGKULU.COM - Aliran listrik jutaan rumah di Jepang padam usai gempa bumi bermagnitudo 7,3 melanda negeri sakura yang terjadi pada Rabu, (16/3/2022) sekitar pukul 23.36 waktu setempat.

Penyedia listrik Tokyo Electric Power Company (TEPCO) menyebut tidak ada laporan tentang kerusakan atau cedera, namun lebih dari dua juta rumah tangga dibiarkan tanpa listrik, termasuk 700.000 rumah di Tokyo.

TEPCO juga mengatakan dalam sebuah twit bahwa mereka sedang memeriksa operasi pada pembangkit nuklir Fukushima.

Pembangkit listrik ini mengalami kehancuran 11 tahun yang lalu setelah gempa bermagnitudo 9,0 dan tsunami menghantam pantai timur pada 11 Maret 2011.

Dilansir dari kompas.com, Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengungkapkan, gempa bumi yang mengguncang Jepang timur di lepas pantai Fukushima pada kedalaman 60 kilometer tersebut berpotensi tsunami.

Beberapa tempat juga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut seperti kereta peluru Shinkansen yang tergelincir di Shiroishi, prefektur Miyagi dan satu orang tewas di kota pesisir Soma.

Seperti yang diketahui, Jepang kerap diguncang oleh gempa bumi besar.

Pada tahun 2011, terjadi gempa M 9,1 yang diikuti tsunami yang melanda Negeri Matahari Terbit itu.

Gempa tersebut juga memicu kehancuran pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Diichi, hal ini merupakan terburuk kedua dalam sejarah.

Jepang berada di 'Cincin Api' Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara ini sering dilanda gempa dan memiliki peraturan konstruksi yang ketat yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran kuat.

Tapi hal itu tetap dihantui memori gempa bawah laut 2011 di timur laut Jepang yang memicu tsunami mematikan dan melepaskan kecelakaan nuklir Fukushima.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved