Gempa Bumi Bengkulu

Gempa Bumi M 4,9 Guncang Arga Makmur Bengkulu Utara Terasa Hingga Kota Bengkulu dan Sekitarnya

Gempa terkini bermagnitudo M 4,9 mengguncang wilayah Arga Makmur, Bengkulu Utara pagi tadi pada pukul 08.03 WIB, Sabtu (19/3/2022). Gempa tektonik ini

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Ilustrasi Gempa Bumi Terkini, Gempa Bumi tektonik 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Gempa terkini bermagnitudo M 4,9 mengguncang wilayah Arga Makmur, Bengkulu Utara pagi tadi pada pukul 08.03 WIB, Sabtu (19/3/2022). Gempa tektonik ini tidak berpotensi tsunami. 

Kepala Stasiun Geofisika Kepahiyang BMKG Bengkulu, Litman ST M.Ling mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,38° LS ; 102,17° BT.

Lokasi tepat berada di darat pada jarak 7 kilometer Barat Laut Bengkulu Utara, Bengkulu pada kedalaman 94 kilometer.

Litman menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan lempeng Indo-Australia yang menunjam kebawah lempeng Eurasia," kata Litman.

Hasil pemodelan BMKG, gempa hari ini di Arga Makmur Bengkulu, tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. Namun, getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan dengan skala bervariasi di sejumlah daerah.

Gempa Arga Makmur ini berdampak dan dirasakan di daerah Arga Makmur dengan skala intensitas III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Sedangan, daerah Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiyang, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas II-III MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.30 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa Arga Makmur hari ini. 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved