Arti Kata

Arti Kata Marhaban Ya Ramadhan, Kata yang Sering Diucapkan Jelang Ramadhan 1443 H/2022

Bulan Ramadhan memang bulan yang berebeda dengan bulan lainnya. Selain memperbanyak ibadah ada juga hal yang menarik pada momen bulan puasa.

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
Tribunstyle
arti kata Marhaban Ya Ramadhan 

TRIBUNBENGKULU.COM - Tidak lama lagi, kita umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H tahun 2022. Biasanya, menjelang Ramadhan 1443 H, kita sering mendengarkan bahkan sering mengucapkan kata Marhaban Ya Ramadhan.

Sebenarnya apa arti kata Marhaban Ya Ramadhan?

Bulan Ramadhan memang bulan yang berebeda dengan bulan lainnya. Tak hanya bulan yang disebut dengan bulan yang bulan penuh ampunan, bulan ramadhan juga sering dikatakan dengan nama lainnya.

Seperti yang sering kita dengar saat bulan ramadhan yakni "Marhaban Ya Ramadhan". Kita sering mendengar bahkan tak jarang kita juga sering mengatakannya untuk menyambut bulan ramadhan.

Namun apakah kalian sudah mengetahui arti dari kata Marhaban ya Ramadhan? berikut akan kami ulas tentang arti kata "Marhaban ya Ramadhan". 

1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "marhaban" diartikan sebagai "kata seru untuk menyambut atau menghormati tamu (yang berarti selamat datang)."

2. Menurut NU Online, arti Marhaban ya Ramadhan berarti selamat datang Ramadhan. "Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama menyambut bulan suci ini dengan ucapan ahlan wa sahlan wa marhaban ya ramadhan, selamat datang Ramadahan 1428 H, bulan yang dimuliakan Allah, bulan yang penuh dengan barokah dan ampunan."

3. Dikutip dari Muhammadiyahsolo.com, Esensi dari kata Marhaban Ya Ramadhan itu berdasarkan yang dinukil oleh Prof. Dr. M. Qurasih Shihab bahwa kata “Marhaban” terambil dari kata “rahb” yang berarti “luas” atau “lapang”, sehingga marhaban menggambarkan bahwa tamu disambut dan diterima dengan dada lapang, penuh kegembiraan serta dipersiapkan baginya ruang yang luas untuk melakukan apa saja yang diinginkannya.

Dari akar kata yang sama dengan “Marhaban”, terbentuk kata “rahbat” yang antara lain berarti ruangan luas untuk kendaraan, untuk memperoleh kebaikan, atau kebutuhan pengendara guna melanjutkan perjalanan.

“Marhaban Ya Ramadhan”berarti selamat datang Ramadhan mengandung arti bahwa kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh dengan kegembiraan, tidak dengan menggerutu dan menggangap kehadiranya menggangu ketenangan atau suasana nyaman kita.

Marhaban ya Ramadhan kita ucapkan untuk bulan suci itu karena kita mengharapkan agar jiwa raga kita diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah SwT.

Menariknya, selain disebut dengan bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan juga memiliki momen yang pastinya hanya dilakukan saat bulan ramadhan.

Berikut ini momen menarik di bulan ramadhan:

1. Membangunkan orang untuk Sahur

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved