Ramadhan 2022

5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan 2022

Ketika bulan puasa kita diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga. Sehingga saat kita berpuasa metabolisme dalam tubuh kita akan menurun.

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
5 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan 2022
canva
Ramadhan 2022

TRIBUNBENGKULU.COM- Bulan puasa kita diwajibkan untuk menahan lapar dan dahaga. Sehingga saat kita berpuasa metabolisme dalam tubuh kita akan menurun.

Tak hanya itu, ketika bulan puasa pola makan dan tidur kita juga berubah tidak seperti hari biasanya. Di tambah lagi kita masih akan melakukan berbagai aktivitas yang cukup menguras tenaga.

Untuk tetap menjaga stamina dalam tubuh kita saat berpuasa di artikel ini kami akan membagikan tips menjaga kesehatan di bulan ramadan

1. Minum Air Putih
Saat berpuasa, tubuh kita mengalamai dehidrasi. Dengan begitu kalian harus memperbanyak minum air mineral saat berbuka dan sahur. Dianjurkan untuk meminum air mineral sebanyak 8 gelas sehari. Lalu bagaiaman ketika kita berpuasa? Kalian bisa mengatur waktu untuk meminum air mineral dengan cara saat berbuka minumlah air sebanyak 2 gelas, saat malam hari sebelum sahur kalian bisa minum air mineral sebanayak 4 gelas kemudian ketika sahur kalian minum air mineral sebanyak 2 gelas, dengan begitu kalian bisa melakukan puasa kalian dengan lancar.

2. Konsumsi Kurma
Saat bulan puasa pasti banyak kita menemukan kurma yang dijual. Yah, seperti kurang lengkap jika saat bulan puasa tidak mengkonsumsi buah kurma. Mengkonsumsi buah kurma sangat dianjurkan oleh Nabi terlebih lagi ketika bulan puasa, tak hanya itu buah kurma juga baik untuk kesehatan kita. Karena rasa manis yang dimiliki kurma bisa membantu untuk menambah energi kita saat berpuasa. Mengkonsumsi kurma merupakan salah satu tips jaga kesehatan kalian saat berpuasa.

3. Konsumsi Buah
Tips selanjutnya untuk kalian yang ingin menjaga kesehatan kalian saat berpuasa ialah dengan mengkonsumsi buah. Selain air mineral buah juga memiliki manfaat bagi tubuh kita. Namun perlu kalian ketahui buah yang harus kalian konsumsi lebih baik buah yang mengandung banyak air. Seperti buah semangka, jeruk dan buah lainnya yang mengandung banyak air, agar bisa menambah cairan tubuh dalam diri kita saat berpuasa

4. Olahraga
Bulan puasa bukan berarti kita bermalas-malasan untuk melakukan olahraga. Untuk tetap menjaga diri kita tetap sehat salah satunya dengan berolahraga. Tapi jika melakukan olaharaga nanti energi dalam ntubuh kita terkuras? Nah tribuners, jika berpuasa kalian tidak perlu melakukan olaharaga yang bisa mengakibatkan energi kalian terkuras. Sehingga kalian tidak cukup tenaga untuk melakuoikan puasa, kalian bisa ganti olaharaga kalian saat berpuasa dengan melakukan olaharaga yang tidak menhabiskan energi kalian seperti jalan santai, yoga ataupun olaharaga jenis lainnya yang tidak membuat energi kalian berkurang.

5. Pola Tidur

Yah selain berolaharaga, saat berpuasa kalian juga harus menjaga pola tidur kalian. Untuk pola tidur yang baik setidaknya kalian harus tidur selama 8 jam untuk setiap malamnya bagi orang dewasa. Jika pola tidur kalian sudah diatur dengan baik, maka sistem imun dalam tubuh kalian bisa bekerja dengan baik hingga kalian bisa berpuasa dengan lancar. Tak hanya itu, kurangnya tidur juga memiliki pengaruh anatara lain mempengaruhi suasana hati dan emosi. Tak hanya itu, dengan pola tidur yang cukup, akan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas tubuh dengan baik. Maka dari itu, menjaga pola tidur sangat membantu kesehatan kalian saat berpuasa.

Nah tribuners itulah tips menjaga kesehatan saat kalian berpuasa. Jangan lupa untuk mempraktekkannya saat bulan puasa nanti agar kalian tetap sehat saat menjalankan puasa.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved