Ramadhan 2022

Yuk Kenali Penyebab Ngantuk Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Saat Bulan Puasa Kita memang sering merasakan ngantuk, terlebih ketika kita melakukan kerja. Perubahan pola makan dan aktivitas selama Ramadan.

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
canva
Berbagai Penyebab serta Cara Mengatasi Ngantuk Ketika Berpuasa 

TRIBUNBENGKULU.COM - Saat Bulan Puasa Kita memang sering merasakan ngantuk, terlebih ketika kita melakukan kerja. Perubahan pola makan dan aktivitas selama Ramadan dapat mempengaruhi jam biologis dan metabolisme tubuh kita. Akibatnya, Anda mungkin jadi sering ngantuk saat puasa. Banyak yang bertanya sebenarnya apa penyebab ngantuk saat berpuasa. Di artikel ini kami akan mengulas tentang penyebab ngantuk saat berpuasa.

Berikut Penyebab Ngantuk saat berpuasa

1. Penurunan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Alasan pertama saat puasa  menimbulkan rasa kantuk adalah adanya penurunan kadar gula darah di dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, saat berpuasa tubuh kitamerasa  lemas disertai otak yang sulit berkonsentrasi. Dengan kondisi seperti ini membuat seseorang mudah Ngantuk sehingga produktivitas tidak stabil. 

2. Pengaruh Jam tidur

Selama bulan puasa,orang rentang memiliki penundaan tidur selama satu jam di bulan puasa. Ketika berpuasa rata-rata jam tidur berkurang sebanyak 30-60 menit. Dan inilah salah satu penyebab dari orang mengantuk saat berpuasa. dikutip dari hallo sehat, rasa ngantuk yang begitu kuat dirasakan pada pukul 14:00 hingga 16:00. Selain itu saat berpuasa kita juga tidak mengkonsumsi kafein hal ini juga menjadi salah satu faktor penyebab mudah ngantuk saat berpuasa.

Setelah kalian mengetahui penyebab dari mengantuk selanjutnya kami akan membahas tentang cara agar tidak mengantuk saat. Berikut kami akan membahas cara mengatasi ngantuk saat berpuasa

Cara Atasi Ngantuk Ketika Bulan Puasa

1. Berwudhu
Cara yang pertama untuk mengusir rasa ngantuk adalah dengan cara berwudhu. Selain merupakan bagian dari ritual pembersihan diri menjelang salat, wudu juga membuat badan menjadi segar dan rileks.Mengusap air ke wajah melalui wudu memberi sinyal perubahan suhu pada tubuh untuk lebih terjaga sehingga Anda dapat berkonsentrasi kembali pada pekerjaan.Selain itu, membasuh air di bagian lain seperti lengan dan kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu memberikan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh.

2. Jam Tidur
Mengatur jam tidur juga merupakan salah satu cara menghilangkan penyebab ngantuk. Meskipun bulan puasa saat kita tidur mendapatkan pahala namun tidak dianjrkan juga untuk tidur sepanjang waktu. Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan tubuh mengalami lelah, pusing, tak bertenaga, dan memicu ngantuk di siang hari. Dalam suatu penelitian menunjukkan selain jam tidur, menjaga kualitas tidur juga penting. Untuk itu dianjurkan untuk tidak tidur larut malam, sebaiknya untuk tidur lebih cepat, dengan begitu kalian bisa mengatasi ngantuk saat bulan puasa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved