"Dulur Kito" Tokoh Sumbagsel Erick Thohir, 2 Menteri dan 5 Gubernur Sepakat Memajukan Sumbagsel

Menteri BUMN Erick Thohir makin dikenal masyarakat secara luas. Erick Thohir yang dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia.

Editor: Yunike Karolina
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan juga lima Gubernur di Sumbagsel menghadiri Seminar Membangun Aglomerasi Sumbagsel Jilid II dan sepakat memajukan Aglomerasi Sumbagsel untuk Indonesia. 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir makin dikenal masyarakat secara luas. Erick Thohir yang dikenal sebagai pengusaha sukses di Indonesia ini sering tampil di publik.

Bahkan baru-baru ini Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan juga lima Gubernur di Sumbagsel menghadiri Seminar Membangun Aglomerasi Sumbagsel Jilid II dan sepakat memajukan Aglomerasi Sumbagsel untuk Indonesia.

Komitmen Erick Thohir untuk membangun Sumbagsel tak perlu di ragukan lagi. Lantaran Erick Thohir merupakan dulur kito Wong Sumbagsel, asal Gunung Sugih Lampung Tengah. Apakah benar demikian?

Begini kisahnya. Erick merupakan putra dari pasangan Mohammad Teddy Thohir dan Edna Thohir. Ayah Erick asli keturunan Gunung Sugih, Lampung Tengah. Untuk itulah dalam tubuh Erick mengalir darah dulur kito.

Lalu, apa maksud dulur kito? Dalam kamus besar bahasa Indonesia, dulur berarti keluarga atau saudara, jadi dulur kito sama dengan saudara kita.

Faktanya memang Erick keturunan Gunung Sugih, Lampung Tengah masih jarang diketahui banyak orang. Memang kalau melihat halaman Wikipedia, Erick tertulis lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Memiliki saudara laki-laki bernama Garibaldi Thohir atau akrab disapa Boy Thohir, dan saudari perempuan bernama Hireka Vitaya atau lebih dikenal dengan sapaan Rika Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan juga lima Gubernur di Sumbagsel menghadiri Seminar Membangun Aglomerasi Sumbagsel Jilid II dan sepakat memajukan Aglomerasi Sumbagsel untuk Indonesia.
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan juga lima Gubernur di Sumbagsel menghadiri Seminar Membangun Aglomerasi Sumbagsel Jilid II dan sepakat memajukan Aglomerasi Sumbagsel untuk Indonesia. ()

Eksistensi nama besar keluarga Thohir lebih dulu dimulai lewat sosok ayahnya, Mochamad Thohir yang populer dengan panggilan Teddy. Salah satu perintis Astra Grup yang memulai kisah perjalanan bisnisnya dari nol. Jejak sebagai pengusaha inilah ikut diteruskan oleh ketiga anaknya, Garibaldi, Erick, dan Rika Thohir.

Namun, kehidupan Erick saat ini, tidak semanis masa kecilnya. Sang ayah, yang asli berdarah Lampung, harus melewati berbagai macam rintangan kehidupan. Bisa dibilang, hidupnya melarat. Ia hanya tidur di rumah bilik beralaskan tanah, dan telah menjadi yatim sedari kecil.

Singkat cerita, setelah lulus SMP, Teddy merantau ke Solo menggunakan kereta demi melanjutkan pendidikannya di SMEA. Modal sekolahnya di Solo didapat lewat bantuan seorang pedagang di Metro. Di Solo, ia bekerja sambil sekolah, hingga akhirnya bertemu Edna, yang kemudian dinikahinya.

Erick tidak semata-mata memakan buah manis sepeninggalan ayahnya. Suami Elizabeth Tjandra ini mengukir jalan hidupnya juga penuh kerja keras. Etos kerja dan kegigihannya dalam menggapai cita-cita, terus ia perlihatkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved