Mudik Lebaran 2022

Mudik Lebaran, BPBD Ingatkan Waspada Daerah Rawan Bencana, Ini Lokasinya

Memasuki hari pertama puncak mudik lebaran di Provinsi Bengkulu, BPBD Provinsi Bengkulu mengingatkan pemudik untuk waspada daerah rawan bencana.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Kantor BPBD Provinsi Bengkulu 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Memasuki hari pertama puncak mudik lebaran di Provinsi Bengkulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu mengingatkan pemudik untuk waspada daerah rawan bencana.

Kepala BPBD Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan ada beberapa titik di Kabupaten yang memang rawan dan sudah sering terjadi bencana.

Di antaranya bencana yang sudah beberapa kali terjadi yakni bencana daerah rawan longsor, dan rawan pohon tumbang di daerah pegunungan.

"Beberapa daerah yang rawan seperti di Liku Sembilan, jalan lintas Bengkulu Tengah - Kepahiang, kemudian jalan lintas Rejang Lebong - Lebong dan juga Bengkulu Utara - Mukomuko. Kemudian dari arah selatan itu dari Bengkulu Selatan - Pagar Alam juga cukup rawan," ungkap Jaduliwan.

Bukan hanya waspada longsor dan pohon tumbang, Jaduliwan juga mengingatkan masyarakat untuk waspada bencana banjir dan juga putusnya jembatan.

"Kita belum tahu, namanya bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja. Seperti belum lama ini hujan deras yang mengakibatkan banjir," kata Jaduliwan.

Jaduliwan mengatakan, bekerjasama dengan pihak terkait lainnya, pihaknya juga ikut dalam posko pemantauan arus mudik selama musim libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun ini.

"Beberapa rambu-rambu peringatan waspada bencana juga sudah dipasang di beberapa titik yang rawan bencana," ungkap Jaduliwan.

Lebih jauh ia juga memperingatkan kepada pemilik rumah yang rawan terkena banjir untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan mudik ke kampung halaman.

Jangan sampai nanti saat ditinggal rumah malah kebanjiran dan banyak barang-barang yang rusak akibat banjir.

"Namun tentunya kita sama-sama berharap agar terhindar dari bencana sepanjang musim mudik lebaran tahun ini. Sekali lagi kita mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan," kata Jaduliwan. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved