Lebaran 2022

Libur Lebaran, Penjual Makanan Khas Lebong 'Lemea' Raup Untung Jutaan Rupiah

Di hari libur Lebaran 2022 kali ini, penjual makanan khas Lebong, Budi Hastuti yang menjual Lemea ini meraup keuntungan.

Panji/TribunBengkulu.com
Tempat penjual lemea makanan khas Lebong yang terbuat dari bambu muda, di jalan lintas Curup-Lebong tepatnya di Desa Ujung Tanjung 2, Kecamatan Lebong Sakti, Selasa (3/5/2022). 

 Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, LEBONG - Di hari libur Lebaran 2022 kali ini, penjual makanan khas Lebong, Budi Hastuti yang menjual Lemea ini meraup keuntungan. 

Penjualan lemea ini terdapat di pinggir jalan Desa Ujung Tanjung 2, Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong

Warga setempat sudah menjejerkan dan menumpuk lemea yang sudah di dalam toples berbgai ukuran. 

Budi Hastuti menjelaskan, lemea buatannya ini dikemas ke dalam toples berbagai ukuran, yang dijual mulai dari harga Rp 10.000 - Rp 120.000.

"Kalau di hari biasa untung saya hanya Rp 300.000 namun di libur lebaran mencapai Rp 3-4 juta," kata Budi Hastuti saat ditemui di rumahnya di Desa Ujung Tanjung 2 kecamatan Lebong Sakti, Selasa (3/5/2022).

Lanjut Budi, ia sudah berjualan sejak tahun 2010 hingga 2022 ini atau sudah 12 tahun lamanya. Biasanya yang membeli lemea ini dari berbagai daerah. 

"Ada yang di Kota Bengkulu, Curup, Lebong, Palembang, Linggau dan Jakarta," ujar Budi Hastuti

Budi Hastuti menerangkan, proses pembuatannya tidak terlalu rumit. Ia membeli bambu muda dengan warga sekitar yang mencarinya. 

"Saya beli Rp 3-5 ribu, lalu bambunya diiris kemudian dicampurkan dengan ikan yang sudah diblender. Kemudian dimasukan ke dalam ember yang bercampur air, ditunggu sampai 3 hari 3 malam," jelas Budi Hastuti. 

Usai di fermentasi, lalu air dalam ember diganti kemudian dimasukan ke dalam toples yang sudah disediakan. 

"Lemea ini nanti dimasak terlebih dahulu dengan santan lalu di dapur cabai dan dinikmati dengan nasi," tutup Budi Hastuti. 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved