Lebaran 2022

Tak Terawat, Wisata Bukit Kandis di Bengkulu Tengah Sepi Pengunjung

Wisata Bukit Kandis Bengkulu Tengah sempat menjadi primadona bagi wisatawan. Namun kali ini kondisinya berbeda, tidak terawat lagi.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi/TribunBengkulu.com
Para wisatawan yang mengunjungi wisata Bukit Kandis Bengkulu Tengah, Jumat (6/5/2022).  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Wisata Bukit Kandis Bengkulu Tengah sempat menjadi primadona bagi wisatawan.

Namun kali ini kondisinya berbeda, tempat wisata tersebut meski masih dibuka tetapi sudah tidak terawat lagi. 

Dari pantauan TribunBengkulu.com di lokasi, rumput liar dan ilalang mendominasi lokasi wisata, ikon tulisan Bukit Kandis pun sudah memudar. 

Musala yang dulu ramai digunakan untuk pengunjung beribadah dan istirahat pun kini sudah roboh. 

Di samping itu, toilet sudah tidak bisa digunakan lagi, tandon air yang dulu menyuplai air ke toilet pun sudah tak tau keberadaannya. 

Tidak hanya itu, para pedagang yang biasanya ramai pun kini hanya menyisakan lapak dagang yang sudah lapuk dengan atap yang sudah tidak lengkap lagi. 

Ical (39) pengelola lokasi wisata Bukit Kandis pun menyayangkan sikap pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah yang terkesan acuh tak acuh terhadap perawatan kawasan wisata Bukit Kandis

"Dari 2018 lalu, tidak ada anggaran dari pemerintah untuk perbaikan ataupun perawatan," ujar Ical saat ditemui di lokasi, Jumat (6/5/2022). 

Menurutnya, penurunan jumlah wisatawan ini diakibatkan kurangnya fasilitas pendukung. 

"Sekarang lokasi wisata sudah banyak, meski pemandangan alam kita bagus tapi fasilitas kita kurang, seperti tempat berteduh, toilet ataupun mushola," kata Ical. 

Lebih lanjut, dikatakan Ical, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk mendapatkan solusi agar wisatawan kembali berkunjung. 

"Bukit Kandis ini kan tanggung jawab dari pemerintah kabupaten. Jadi untuk menggunakan dana desa tidak bisa, kita mau mengajukan ke pemerintah kabupaten juga bagaimana," jelas Ical. 

Saat ini, Ical mengharapkan perhatian dari Pemkab Bengkulu Tengah agar dapat melakukan perawatan dan memberikan peningkatan fasilitas di lokasi wisata Bukit Kandis

"Kemarin sebelum lebaran, kita dari pengelola yang ada di sini menggunakan dana pribadi untuk membersihkan semak belukar seadanya, kalau untuk keseluruhan kami kekurangan dana," tambah Ical. 

Di samping itu, Andika (16) warga Kota Bengkulu yang berwisata ke Bukit Kandis menyayangkan lokasi wisata yang tidak terawat ini. 

"Sangat disayangkan jika potensi wisata seperti ini disia-siakan padahal pemandangannya sangat bagus," ungkap Andika.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved