Kisah Kakek Penjual Bubur Sumsum di Jenggalu Bengkulu yang Berjualan Ditemani Sang Cucu

Di usianya yang tak lagi muda, Kakek Haryono (62) masih berjualan bubur sumsum kuntuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Penulis: Kartika Aditia | Editor: Yunike Karolina
Kartika/TribunBengkulu.com
Kakek Haryono ditemani sang cucu saat menunggu pembeli bubur sumsum di tempat biasa ia mangkal di pinggir Jalan Jenggalu, Kota Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Kartika Aditia


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Di usianya yang tak lagi muda, Kakek Haryono (62) masih berjualan bubur sumsum kuntuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Walaupun pernah pulang dengan membawa uang Rp 10 ribu karena sepi pembeli, namun tidak mematahkan semangat sang kakek yang sudah berjualan bubur sumsum sejak tahun 2008 ini untuk mencari nafkah yang halal.

Ditemui TribunBengkulu.com di tempat biasa Kakek Haryono ini mangkal di pinggir Jalan Jenggalu, lelaki berusia  62 tahun itu duduk termenung sambil menanti orang-orang yang mau membeli dagangan nya.

Di sampingnya, cucunya yang bernama Sifa tertidur pulas dengan setia menemani sang kakek menantikan pembeli.

Harga bubur sumsum yang dijualnya seporsi hanya Rp 5 ribu, namun diceritakan Kakek Haryono ini ia pernah membawa pulang uang Rp 10 ribu lantaran hanya satu orang yang membeli bubur sumsum yang ia jual.

"Sepi sering, cuma bawa pulang sepuluh ribu. Kalau paling pas lagi laris itu pernah bawa pulang Rp 100 ribu. Tapi lebih seringlah sepi," ungkap Haryono kepada TribunBengkulu.com, Senin (16/5/2022)

Dikatakan Haryono, alasan ia membawa cucunya berjualan lantaran tidak ada yang merawat Sifa.

"Orang tua nya sudah pisah. Kalau tinggal sama neneknya dia tidak mau, karena neneknya tidak kuat meladeni. Lagi sakit juga neneknya, asam lambung," beber Haryono.

Lelaki yang kerap disapa Datuk (Kakek) Sifa ini juga menceritakan, sebelum sering mangkal di pinggir Jalan Jenggalu, ia berjualan bubur sumsum keliling mendorong gerobak dengan jalan kaki.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved