Polisi Tangkap 40 Petani Mukomuko

Cegah Pencurian Sawit Perusahaan Terulang, Dewan Minta Pemda dan BPN Turun Sosialisasi HGU

Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapil Mukomuko, Muharamin meminta pemda dan BPN untuk turun langsung mmelakukan sosialisasi HGU ke masyarakat.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
Istimewa
40 orang petani yang terhimpun dalam Perkumpulan Petani Pejuang Bumi Sejahtera (P3BS) Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu ditangkap polisi. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapil Mukomuko, Muharamin meminta pemerintah daerah (pemda) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk turun langsung.

Hal ini, kata Muharamin, agar tidak terjadi lagi kasus pencurian sawit perusahaan, yang dianggap masyarakat masih dalam konflik lahan.

"Pemda, bersama BPN, harus turun langsung, sosialisasi soal HGU ini kepada masyarakat. Agar masyarakat ada pengertian tentang hal itu," kata Muharamin kepada TribunBengkulu.com, Senin (16/5/2022).

Menurut Muharamin, secara legal standing, areal perkebunan di Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko tempat terjadi peristiwa pemanenan oleh 40 petani tersebut adalah sah HGU milik PT Daria Dharma Pratama (DDP).

Muharamin mengatakan dirinya mengetahui persis pengalihan HGU di lahan tersebut, dari PT Bumi Bina Sejahtera (BSS) ke PT DDP.

"Dan saya sudah cek cross data-data, dokumen mereka waktu saya di Kementerian Perkebunan di Jakarta. Semua lengkap, termasuk pembayaran pajak, lengkap," ujar Muharamin.

Dengan demikian, kata Muharamin, secara hukum dan fakta, lahan tersebut benar adalah HGU milik PT DDP.

"Dan kalau BPN bisa mengeluarkan HGU, bisa menentukan titik koordinat dari suatu wilayah tersebut, maka sah secara hukum. Tidak ada pihak yang bisa menentukan, selain BPN," ujar Muharamin.

Baca juga: 40 Petani Mukomuko Ditangkap, DPRD Dorong Penyelesaian dengan Perdamaian

Sebelumnya, 40 petani di Mukomuko yang sebelumnya ditangkap akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved