Polisi Tangkap 40 Petani Mukomuko

40 Petani Mukomuko Tersangka Pencurian Sawit Dibebaskan, Ini Tanggapan Perusahaan

40 petani di Mukomuko yang sebelumnya ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh Polres Mukomuko akhirnya dibebaskan, Senin (23/5/2022) malam.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - 40 petani di Mukomuko yang sebelumnya ditangkap dan ditetapkan tersangka oleh Polres Mukomuko akhirnya dibebaskan, Senin (23/5/2022) malam.

Ke 40 petani ini sebelumnya ditangkap atas tuduhan melakukan pencurian TBS sawit di lahan HGU milik PT PT Daria Dharma Pratama (DDP) areal divisi 7 lahan eks HGU di Kecamatan Malin Deman, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Kemudian, Polres Mukomuko melakukan perdamaian dengan cara restorative justice (RJ), sehingga 40 petani ini akhirnya bisa dibebaskan.

Menanggapi pembebasan ini, PT DDP melalui kuasa hukumnya, Imam Nur Islami mengatakan menyambut baik penyelesian dengan perdamaian atau RJ ini, hingga akhirnya 40 petani dibebaskan.

"Baru-baru ini kami mengalami banyak kendala dan permasalahan, yang Alhamdulillah bisa diselesaikan pihak kepolisian Mukomuko," kata Imam dikutip dari video penyelesaian perkara pencurian sawit secara Restorative Justice (RJ) di Polres Mukomuko yang dibagikan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, Selasa (24/5/2022).

Ditambahkan Imam, dengan penyelesaian perdamaian kasus pencurian TBS sawit ini, PT DDP berharap bisa kembali bersinergi dengan masyarakat.

Sementara, perwakilan kuasa hukum 40 petani, Zelig Ilham Hamka dari Akar Law Office mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah kepolisian untuk melakukan RJ dalam kasus ini.

"Dan semoga kasus ini menjadi pembelajaran bagi kita semua," ujar Zelig.

Sebelumnya, 40 petani di Mukomuko ini ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved