Info Haji

Ketahui Syarat-syarat Haji Yang Sah, Wajib di Ketahui Bagi Yang Beragama Islam

Berikut adalah Syarat-syarat Haji Yang Sah, Wajib di Ketahui Bagi Yang Beragama Islam, simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
expatliving.sg
Syarat-syarat Haji Yang Sah, Wajib di Ketahui Bagi Yang Beragama Islam 

TRIBUNBENGKULU.COM - Ibadah haji penting bagi umat Islam, dimana haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji diwajibkan bagi umat Islam yang mampu.

Sebelum membahas lebih jauh apa saja syarat-syarat haji, ada baiknya kita terlebih dahulu memahami apa itu haji.

Haji adalah perjalanan ke Baitullah Mekkah untuk menunaikan serangkaian ibadah yang sesuai dengan syarat-syarat haji yang sah. Secara sederhana, haji dapat dicapai dengan mengunjungi Baitullah atau Ka'bah di kota Mekkah.

Haji, tentu saja, tidak sama dengan Umrah. Haji dilakukan selama musim haji atau dalam tahun Dzulhijjah dan ada wukuf di Arafah. Itulah pada dasarnya perbedaan antara haji dan umrah.

Haji wajib dilakukan seperti sekali dalam seumur hidup dan dilakukan secara eksklusif selama musim haji, sedangkan Umrah dapat dilakukan dalam berbagai waktu atau berkali-kali.

Berikut adalah syarat-syarat sah ibadah haji:

1. Islam

Syarat utama haji adalah beragama Islam. Ini dengan alasan bahwa umat Islam diizinkan untuk pergi ke Masjidil Haram. Haji juga merupakan aturan bagi agama Islam, bukan merupakan dukungan, apalagi prinsip-prinsip ketat lainnya.

Dari Ibnu Umar ia berkata:

Artinya: "Nabi SAW bersabda: "Islam itu didirikan atas lima perkara. Yaitu, bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, puasa pada bulan Ramadan, menunaikan ibadah haji ke Baitullah bagi yang mampu melakukannya." (HR. Muttafaq 'alaih).

Mulai dari
1. Baligh
Halaman
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved