Info Haji

Wajib Diketahui, Inilah Hukum Haji Berdasarkan Dalil Al-Quran, As-Sunnah dan Ijma'

Berikut adalah penjelasan mengenai hukum haji Berdasarkan Dalil Al-Quran, As-Sunnah dan Ijma', simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
expatliving.sg
Hukum Haji Berdasarkan Dalil 

TRIBUNBENGKULU.COM - Berikut adalah penjelasan mengenai hukum haji.

Ibadah haji penting bagi umat Islam, dimana haji adalah rukun islam yang kelima. Ibadah haji diwajibkan bagi umat Islam yang mampu.

Haji adalah perjalanan ke Baitullah Mekkah untuk menunaikan serangkaian ibadah yang sesuai dengan syarat-syarat haji yang sah. Secara sederhana, haji dapat dicapai dengan mengunjungi Baitullah atau Ka'bah di kota Mekkah.

Haji, tentu saja, tidak sama dengan Umrah. Haji dilakukan selama musim haji atau dalam tahun Dzulhijjah dan ada wukuf di Arafah. Itulah pada dasarnya perbedaan antara haji dan umrah.

Haji wajib dilakukan seperti sekali dalam seumur hidup dan dilakukan secara eksklusif selama musim haji, sedangkan Umrah dapat dilakukan dalam berbagai waktu atau berkali-kali.

Berikut adalah penjelasan mengenai hukum haji.

Hukum Haji

Hukum haji adalah fardhu'ain, wajib bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan baik secara fisik maupun finansial. Wajib haji ini sekali dalam seumur hidup.

Haji merupakan salah satu bagian dari 5 rukun Islam, untuk wajib haji sendiri penjelasannya sudah tercantum di dalam Al-Qur'an, As- Sunnah dan ijma' (kesepakatan para ulama).

Berikut adalah dalil-dalil yang menjelaskan dari kewajiban haji berdasarkan (Al-Qur'an, As- Sunnah dan ijma' (kesepakatan para ulama).)

 

             

 

Mulai dari
1. Hukum Haji
Halaman
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved