Selain Indah, Wisata Air Terjun Pipa Belanda di Kepahiang Memiliki Nilai Sejarah

Desa Air Sempiang di Kabupaten Kepahiang juga memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya, yakni Air Terjun Pipa Belanda.

Panji/TribunBengkulu.com
Air Terjun Pipa Belanda setinggi 20 meter di Desa Air Sempiang, Kecamatan Kabawetan, Kepahiang memiliki nilai sejarah. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama


TRIBUNBENGKULU.COM, KEPAHIANG - Selain Bukit Hitam yang memiliki trekking menantang bagi pendaki, Desa Air Sempiang di Kabupaten Kepahiang juga memiliki wisata alam yang tak kalah indahnya, yakni Air Terjun Pipa Belanda.

Jalan menuju air terjun dari jalan aspal, sekitar 30 menit menuju pintu masuk dengan sepeda motor. Sebelum menuju pintu masuk kita haru melewati jalan tanah yang ditambah papan dan batu semen. 

Kita juga harus melewati perkebunan teh dan kebun kopi di perjalanan, sesampainya di pintu masuk air terjun pipa belanda. 

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 20 menit menuju air terjun tersebut. Jalan menuju air terjun ini cukup terjal dan licin, serta bebatuan. 

Sembari berjalan kita juga akan melihat pipa dari peninggalan Belanda sebelum kemerdekaan dahulu yang digunakan untuk keperluan masyarakat dahulu. 

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Desa Air Sempiang, Poniran mengatakan pihaknya saat ini berhenti terlebih dahulu membuka objek wisata ini. 

"Kalau ada masyarakat yang mau lihat di persilahkan, tapi kalau buka untuk masuk biayanya Rp 5.000 jika membawa motor, tapi kalau jalan kaki biayanya Rp 3.000," kata Poniran kepada TribunBengkulu.com, pada sabtu (28/5/2022) 

Lanjut Poniran, masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pihaknya, namun untuk hal ini pihaknya bertahap untuk memperbaikinya. 

"Kendala akses jalan menuju objek wisata ini mas, seperti mas liat tadi mau ke sini harus melalui jalan tanah yang di kasih papan sama batu semen," ujar Poniran. 

Poniran menjelaskan, pihaknya masih memanfaatkan air terjun pipa Belanda ini untuk keperluan warga sekitar, melalui pipa paralon. 

"Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter," ucap Poniran. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved