Jamaah Diingatkan Tidak Bawa Kompor dan Beras, Rapat Persiapan Pemberangkatan Ibadah Haji

Hari ini Senin (30/5/2022) Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu bersama Pemda Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag Kabup

Penulis: Beta Misutra | Editor: prawira maulana
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Rapat persiapan pemberangkatan jamaah Haji 1443 Hijriah, Senin (30/5/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Hari ini Senin (30/5/2022) Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu bersama Pemda Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag Kabupaten/Kota menggelar rapat persiapan pemberangkatan jamaah haji Provinsi Bengkulu.

Rapat ini sendiri dipimpin Sekda Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri yang membahas terkait teknis sebelum pelepasan jamaah haji dari daerah ke Asrama Haji Bengkulu.

Termasuk juga Persiapan-persiapan dokumen dan hal lainnya seperti teknis saat di Asrama Haji termasuk juga teknis Pemberangkatan para calon jamaah Haji.

"Kita minta Pemda Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag masing-masing untuk menyampaikan sejauh mana persiapan yang sudah dilakukan sebelum melepas pemberangkatan para jamaah Haji," ungkap Sekda.

Sementara itu secara teknis, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Zahdi Taher menegaskan beberapa hal yang harus disampaikan masing-masing Pemda Kabupaten/Kota terhadap para jamaah dari daerah masing-masing.

Salah satunya larangan untuk membawa barang-barang yang dilarang dan tidak diperlukan seperti kompor dan beras yang pernah mereka temui saat pemberangkatan jamaah haji di tahun 2019 lalu.

"Bahkan kita pernah menemui ada palu dan paku, yang kata mereka dibawa untuk menggantung dan menjemur baju mereka," ungkap Zahdi.

Sedangkan untuk makanan dan juga lauk, menurut Zahdi jika jumlahnya tidak terlalu banyak maka tetap diperbolehkan. Namun dengan catatan makanan yang dibawa harus dibungkus dengan kemasan yang rapi.

"Kita pernah saat X-Ray itu menemukan ada yang bawa sambal, namun karena kemasannya tidak rapi sehingga tumpah kemana-mana. Makanya kita ingatkan jika mau bawa seperti sambal, itu tolong kemasannya bagus," ujar Zahdi.

Sementara itu, Zahdi memastikan untuk penginapan 742 jamaah haji yang akan diberangkatkan ke Mekkah pada 9 dan 10 Juni 2022 nanti, pihaknya sudah membooking hotel berbintang.

Sehingga saat ini hanya tinggal persiapan dari Kabupaten/Kota untuk memastikan tidak ada lagi paspor yang bermasalah dari jamaah haji masing-masing. Termasuk juga cek kesehatan dan PCR para jamaah Haji.

"Sedangkan untuk Visa, walaupun saat ini belum, kita pastikan aman karena kita dari Kanwil Provinsi yang mengutusnya secara online. H-2 sebelum keberangkatan kita pastikan sudah siap," ungkap Zahdi. 
 
 
 

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved