Resep Masakan

Resep Tahu Bacem Istimewa Rasa Lezat Gurih Manis, Kenyal dan Mudah Cara Memasaknya

Jika mendengar kata bacem orang Indonesia pasti sudah tak asing lagi, yah salah satu makanan khas dari daerah Jawa tengah adalah tahu bacem.

Penulis: Yuni Astuti | Editor: M Arif Hidayat
google
Resep Tahu Bacem Lezat 

TRIBUNBENGKULU.COM - Jika mendengar kata bacem orang Indonesia pasti sudah tak asing lagi, yah salah satu makanan khas dari daerah Jawa tengah adalah tahu bacem, dengan perpaduan rasa manis dan gurih pada tahu menjadikan makanan tahu bacem ini cukup populer di kalangan warga Indonesia.

Namun perlu tribuners kethaui jika tidak semua bisa memasak tahu bacem ini yah salah satu kesulitan dalam memasak tahu bacem ini adalah supaya bumbunya meresap pada tahu.

Dikutip dari orami.co.id, seorang pengamat kuliner yang bernama Odilia Winneke, mengatakan jika tahu bacem ini ada pada abad ke- 19.

Di saat itu, wilayah Solo dan Yogyakarta sedang mengalami tanam paksa tebu, dengan begitu gula adalah bahan pokok yang murah, akhirnya masyarakat memiliki ide yang menjadikan gula sebagai bahan memasak salah satunya adalah memasak tahu bacem karena gula mudah didapatkan dan harganya murah.

Bagi kamu yang sangat menyukai makanan tahu bacem kamu bisa mengolah dengan kreasi kamu sendiri, langsung saja simak ulasan cara memasak tahu bacem yang super lezat dengan bumbu yang meresap:

Resep Tahu Bacem Yogyakarta

1. Resep Tahu Bacem Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu daerah di Indonesia yang populer dengan tahu bacem. Namun tidak seperti resep tahu bacem pada umumnya, tahu bacem Yogyakarta memiliki resep khusus, nah bagi kamu yang sangat suka dengan cita rasa tahu bacem Yogyakarta berikut ini resep lengkap dengan cara memasaknya:

Bahan-Bahan

4 buah tahu ukuran sedang
1 lt air kelapa
50 gr gula Jawa
1 ruas lengkuas
2 lembar daun salam
3 sdm kecap manis
2 sdm air asam Jawa
Minyak secukupnya untuk menggoreng tahu

Bumbu Halus

1 sdt ketumbar
1 sdt garam
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih

Cara Memasak :

1. Potong tahu menjadi beberapa bagian yang sama. Jangan lupa untuk memotong permukaan tahu agar bumbu meresap sempurna.

2. Haluskan semua bahan halus menggunakan blender lalu rebus dengan air kelapa, gula merah, dan potongan tahu.

3. Saat merebus tahu dan bumbu, pastikan menggunakan api kecil agar bumbu meresap sempurna. ke dalam tahu dan dimasak dengan sempurna.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved