Kuasa Hukum Terdakwa Dugaan Korupsi Dana BOS Seluma: Kalau Tak Transfer Balik, Tak Akan Terjadi

Kuasa hukum 2 terdakwa dugaan korupsi dana BOS, Sopian Siregar mengatakan, kasus ini tak akan terjadi jika Biru Komputer tidak mengembalikan dana.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
Romi/TribunBengkulu.com
Sidang lanjutan dugaan korupsi dana BOS Seluma, Jumat (3/6/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Kuasa hukum dua terdakwa dugaan korupsi dana BOS Seluma, Sopian Siregar mengatakan, kasus ini tak akan terjadi jika pihak Biru Komputer tidak mengembalikan dana ke terdakwa FYA.

Dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu, pihak JPU Kejati Bengkulu memang menghadirkan dua saksi dari Biru Komputer (toko penyedia laptop), yakni Manajer Biru Komputer, Herliana, dan owner sekaligus Direktur Biru Komputer, Yuan Degama.

Menurut Sopian, berdasarkan pasal 3 UU Tipikor jelas disebutkan jika orang yang turut membantu proses, orang yang menyebabkan kayanya orang lain, atau orang yang menyebabkan bertambahnya kekayaan orang lain, juga harus ikut bertanggungjawab.

"Hal ini memang kita kembalikan ke penyidik, tapi saya berkeyakinan peran mereka ini sangat vital. Karena kalaupun mereka tidak setuju dengan harga yang disepakati itu, hal ini tidak akan terjadi," kata Sopian kepada TribunBengkulu.com, Jumat (2/6/2022).

Ditambahkan Sopian, pihaknya berharap penegakan hukum dalam kasus ini bisa tegak lurus.

"Pihak-pihak yang memang harus bertanggungjawab, seharusnya juga mempertanggungjawabkan juga itu di muka persidangan," ujar dia.

Sopian juga mengatakan bahwa dalam kasus ini, peranan pihak dari Biru Komputer dan juga kliennya seperti satu kesatuan.

"Kalau misal FYA saja yang mau, Biru Komputer tak mau, ini tak akan terjadi. Seluruh uang kan masuk dulu ke Biru Komputer, baru dikembalikan. Terserah selanjutnya," kata dia.

Inti penekanan dari pihak kuasa hukum, lanjut Sopian, adalah pihak yang harus bertanggungjawab, harus bertanggungjawab.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved