Doula Ibu Hamil

Apa Itu Doula? Apakah Sama Dengan Bidan, Yuk Simak Penjelasannya Berikut

Berikut adalah informasi mengenai doula yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, simak penjelasannya sebagai berikut.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
hellosehat.com
Apa Itu Doula? Apakah Sama Dengan Bidan, Yuk Simak Penjelasannya Berikut 

TRIBUNBENGKULU.COM - Kata ‘doula’ dalam bahasa Yunani berarti seorang pembantu wanita. Artinya, doula adalah seseorang yang berperan khusus untuk mendampingi para calon ibu.

Doula dipercaya untuk memberikan bantuan yang mendalam, nyata, serta pelatihan bagi pasangan yang sudah menikah untuk mengundang pengenalan seorang anak.

Baca juga: 5 Gaya Hidup Sehat yang Baik Dilakukan oleh Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Doula atau pendamping bersalin melakukan kewajibannya untuk membantu ibu mulai dari kehamilan, selama persalinan, hingga setelah persalinan. Tujuan dari doula adalah untuk membantu ibu hamil memiliki pengalaman melahirkan yang lancar, menyenangkan, dan tanpa rasa sakit.

Baiknya, kehadiran doula ini bisa persalinan juga dinilai membuat seorang ibu tidak menjalani operasi caesar atau mempersingkat waktu persalinan.

Dukungan dari spesialis kelahiran juga sama bagusnya dalam mengurangi kemungkinan hamil kelahiran anak dan infus epidural untuk ibu.

Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa menjadi teman sejak awal kehamilan hingga puncak siklus persalinan. Doula adalah rekan individu yang terampil yang bersertifikat karena mereka telah melalui pendidikan formal dan pelatihan persiapan selama kehamilan dan persalinan.

Para doula kelahiran ini umumnya mendampingi untuk pergi dengan wanita hamil yang akan melahirkan anak ke rumah sakit. Namun, pendamping persalinan juga dapat membantu para ibu yang memutuskan untuk melahirkan anak di rumah, misalnya dengan teknik water birth.

 

Halaman
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved