Apa Saja Hukum Melaksanakan Ibadah Haji, Berikut Penjelasannya

Berikut adalah informasi mengenai Apa Saja Hukum Melaksanakan Ibadah Haji,simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
expatliving.sg

TRIBUNBENGKULU.COM - Haji adalah salah satunya dari rukun Islam selain syahadat, shalat, puasa dan zakat. Tentu saja haji mempunyai tata cara dan ketentuan tertentu yang harus dilaksanakan untuk memperoleh gelar haji yang mabrur. Ada pula beberapa macam ibadah haji yang penting dipahami.

Sebelumnya diterangkan secara bahasa, haji mempunyai makna menyengaja atau menuju. Secara istilah yakni menyengaja berkunjung ke Baitullah di Makkah untuk lakukan ibadah di waktu dan cara tertentu dan dilaksanakan dengan tertib.

Baca juga: Hikmah-hikmah dan Manfaat Positif untuk Umat Islam dalam Menjalankan Ibadah Haji

Haji tidak sama dengan Umrah. Haji dilakukan selama musim haji atau dalam tahun Dzulhijjah dan ada wukuf di Arafah. Itulah pada dasarnya perbedaan antara haji dan umrah.

Haji wajib dilakukan seperti sekali dalam seumur hidup dan dilakukan secara eksklusif selama musim haji, sedangkan Umrah dapat dilakukan dalam berbagai waktu atau berkali-kali.

Baca juga: Pengertian Tahallul dan Macam-macam Tahallul dalam Ibadah Haji

Dikutip dari akumaubelajar.com, Meski bersifat fardu ain, dalam ilmu fiqih yang terangkum pada Ensiklopedia Fikih Indonesia 6: Haji dan Umrah, Bab 3 tentang Hukum-hukum Haji, Ahmad Sarwat menjelaskan, ada empat hukum haji yang perlu diketahui umat Islam, yakni:

Mulai dari
1. Wajib
Halaman
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved