Faktor-faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Berikut adalah informasi Faktor-faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil, simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
parenting.orami.co.id
Faktor-faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil 

TRIBUNBENGKULU. COM - Salah satu keluhan yang paling banyak dialami selama kehamilan adalah masalah buang air besar. Beberapa ibu harus mengalami masalah saat hamil, ada masalah dengan kehamilan, sehingga mereka merasa stres.

Terlebih lagi, ada juga orang yang percaya bahwa mengkonsumsi obat-obatan dapat mempengaruhi keadaan embrio. masalah terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang mempengaruhi pelepasan otot, sehingga produksi saluran pencernaan berkurang.

Pada trimester ketiga kehamilan, buang air besar yang sulit juga wajar karena ketegangan rahim yang berkembang di sekitar daerah tengah. Selain itu, jika ibu hamil kurang aktif, fungsi saluran pencernaan dalam mengolah makanan berkurang dan mempengaruhi sistem pencernaan terkait kotoran yang menjadi sulit untuk dihilangkan.

Penyumbatan/sembelit adalah masalah perut yang disebabkan oleh gangguan pada organ pencernaan, sehingga sulit untuk melewati organ pencernaan dengan sempurna. Dengan demikian, buang air besar agregat, mengering, memadat, dan sulit untuk dikeluarkan.

Menurut Asosiasi Kehamilan Amerika, penyumbatan/sembelit yang dialami oleh sebagian besar calon ibu disebabkan oleh gaya hidup, bahan kimia, dan perubahan nyata selama kehamilan. Lebih eksplisit lagi, alasan penyumbatan selama kehamilan meliputi:

1. Perubahan hormon

Selama kehamilan, progesteron kimiawi dalam tubuh akan mengalami perubahan. Meningkatnya kadar bahan kimia ini menyebabkan otot-otot di sekitar saluran pencernaan berelaksasi. Dengan demikian, kotoran padat menjadi semakin lambat sehingga sulit untuk buang air besar selama kehamilan.

2. Rahim yang membesar

Rahim wanita hamil akan terus berkembang dalam jangka panjang mengikuti perkembangan embrio. Kebetulan, ini dapat menyebabkan penyumbatan selama kehamilan karena rahim turun ke saluran pencernaan dan rektum dan menghalangi cara paling umum untuk membuang makanan yang dikosumsi.

3. Gaya hidup yang kurang baik

Gaya hidup yang tidak baik adalah alasan khas untuk penyumbatan. Ibu hamil yang kurang makan serat, jarang berolahraga, kurang minum, dan sering menahan BAB berisiko mengalami penyumbatan/sembelit.

4. Penggunaan suplemen tambahan/ tertentu

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak suplemen untuk memembantu perkembangan janin. Biasanya, dokter kandungan akan menganjurkan suplemen zat besi atau kalsium. Suplemen yang tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh tubuh menyebabkan gangguan selama kehamilan.

 

Halaman
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved