Info Haji 2022

Suhu Mencapai 44 Derajat, JCH asal Bengkulu Mulai Tour Ziarah di Madinah

Hari ini, Senin (13/6/2022) kondisi fisik Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Bengkulu yang tergabung di kloter 6 dan kloter 7 dalam keadaan baik.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Ho Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu
JCH asal Bengkulu saat tour ziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Madinah. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Hari ini, Senin (13/6/2022) kondisi fisik Jemaah Calon Haji (JCH) asal Bengkulu yang tergabung di kloter 6 maupun kloter 7 Embarkasi Padang, dalam keadaan baik.

Ini sebagaimana dikonfirmasi, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Intihan, Senin (13/6/2022).

"Dari informasi yang kita dapat dari pendamping haji yang ada di Arab Saudi, hanya ada 1 jemaah dari Rejang Lebong yang sakit pada hari Sabtu lalu. Namun kondisinya sudah baik, termasuk juga hari ini baik kloter 6 maupun kloter 7 semuanya dalam keadaan sehat," ungkap Intihan.

Intihan memastikan petugas yang mendampingi para jemaah calon haji akan bergerak cepat jika ada hal yang buruk terjadi di sana.

Termasuk juga memberi informasi ke Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu terkait informasi terbaru dan situasi terkini.

"Sampai saat ini kita masih memantau informasi terbaru dari sana. Kalau ada info terbaru, mereka cepat memberitahu. Misalnya saja seperti ada jemaah yang sakit kemarin," kata Intihan.

Sementara itu, untuk beberapa gangguan lainnya diakui Intihan juga ada laporan, namun gangguan yang dimaksud hanyalah gangguan penyesuaian saja.

"Salah satunya seperti penyesuaian dengan cuaca yang hari ini terpantau mencapai 44 derajat. Cuaca panas membuat jemaah cepat dehidrasi dan memerlukan lebih banyak minum," jelas Intihan.

Selain itu ada juga gangguan lainnya seperti iritasi pada kulit karena juga menyesuaikan diri dengan cuaca yang panas.

Kemudian ada gangguan tidur karena penyesuaian siang dan malam antara di Indonesia dan Arab Saudi.

"Petugas pendamping haji kita di sana juga terus mengingatkan para jemaah untuk mencukupi asupan cairan, memakai kacamata, topi, payung, dan juga pelembab," ujar Intihan.

Sementara itu untuk aktivitas yang dilakukan oleh para jemaah calon haji asal Provinsi Bengkulu pada hari ini, Senin (13/6/2022) adalah melaksanakan ziarah ke beberapa tempat bersejarah di Madinah.

Di antaranya di Syuhada' Uhud, Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Al-Khandaq dan kebun kurma. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved