Kegiatan Peragaan Manasik Haji yang Akan Dilakukan Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji

Berikut adalah Kegiatan Peragaan Manasik Haji yang Akan Dilakukan Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji, simak penjelasannya berikut ini.

Penulis: Irlandika Kusuma. S | Editor: M Arif Hidayat
Foto: jakarta.tribunnews.com
Potret Manasik Haji: Kegiatan Peragaan Manasik Haji yang Akan Dilakukan Sebelum Melaksanakan Ibadah Haji 

TRIBUNBENGKULU.COM - Sebelum melaksanakan ibadah Haji ada yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu manasik haji, dimana manasik haji ini adalah pelaksanaan yang wajib dilakukan oleh para jamaah untuk berlatih mengenai peragaan manasik haji yang akan dilakukan oleh jamaah pada saat pelaksanaan haji nanti.

Peragaan manasik haji adalah suatu hal yang penting yang harus dipelajari karena setiap jamaah harus memahami dengan baik mana yang wajib dan mana yang sunnah pada saat pelaksanaan ibadah haji nantinya.

Selain itu manasik haji mengapa dikatakan sangat penting hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dari setiap jamaah ketika sudah melakukan pelaksanaan haji nanti, agar setiap proses pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan baik tentunya.

Mungkin dari setiap kita tidak asing lagi dengan yang namanya dengan manasik haji, dan hampir setiap orang sudah mengetahui apa itu manasik haji, namun belum tentu semua orang belum tentu tahu seperti apa rangkaian pelaksanaan peragaan manasik haji tersebut.

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang melatarbelakangi oleh ketidaktahuan tersebut.

Berikut adalah adalah kegiatan peragaan manasik haji yang akan kamu lakukan sebelum melaksanakan ibadah haji:

1. Melakukan ihram dari miqat yang telah ditentukan

Ihram bisa dimulai dari awal bulan Syawal yang panjang dengan melakukan mandi sunnah, mandi, mengenakan pakaian ihram, dan berencana menunaikan haji dengan mengucapkan Labbaik Allahumma haji,

yang artinya: “Aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu, ya Allah. Allah, untuk haji.

Kemudian berangkat ke Arafah dengan membaca talbiyah untuk menyatakan niat:

Labbaik Allahumma labbaik, labbaik laa syariika laka labbaik, inna al-hamda, wa ni’mata laka wa al-mulk. Laa syariika laka

Artinya :
Aku datang ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang, tiada sekutu bagi-Mu, aku datang, sesungguhnya segala pujian, segala kenikmatan, dan seluruh kerajaan adalah milik Engkau, tiada sekutu bagi-Mu.

2. Wukuf di Arafah

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved