Raja Juli Antoni

PSI Kebagain Kursi di Kabinet Jokowi, Raja Juli Antoni Dilantik Wamen ATR/BPN, Ini Profil Raja Juli

Ia dilantik Presiden Jokowi jadi Wakil Menteri ATR/BPN yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka perombakan kabinet (reshuffle)

Editor: Hendrik Budiman
Sumber: Kompastv/Ant
Raja Juli Antoni, Sekretaris Dewan Pembina PSI yang diisukan masuk kabinet Jokowi 

TRIBUNBENGKULU.COM - Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Ia dilantik Presiden Jokowi jadi Wakil Menteri ATR/BPN  dalam rangka perombakan kabinet (reshuffle) Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta.

Baca juga: Zulkifli Hasan Jadi Mendag dan Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN, Ada 3 Wamen Baru Kabinet Jokowi

Pelantikan tersebut dihadiri oleh ketua umum partai politik (parpol) seperti Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh.

Jokowi telah melantik menteri terbarunya yaitu Zulkifli Hasan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto (Menteri ATR/BPN) pada hari ini Rabu (15/6/2022).
Jokowi telah melantik menteri terbarunya yaitu Zulkifli Hasan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto (Menteri ATR/BPN) pada hari ini Rabu (15/6/2022). (Tangkap layar dari YouTube Sekretariat Presiden)

Serta Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Acara pun berlanjut dengan pelantikan menteri baru yang dilakukan oleh Jokowi dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian acara pun berlanjut dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 64 B Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg, Nanik Purwanti.

Dalam putusan tersebut, Zulhas menggantikan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (Menteri ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil.

Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).
Kiri-Kanan atas) Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. (Kiri-kanan bawah) Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo; Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor; dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Mereka adalah menteri dan wakil menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Kolase TribunJakarta.com)

Selain itu Jokowi juga mengangkat jabatan wakil menteri yaitu Wempi Wetipo menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN (Wamen ATR/BPN).

Acara pun berlanjut dengan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Jokowi dan diikuti oleh menteri dan wakil menteri yang telah dipilih.

Baca juga: Reshuffle Kabinet, Ketua Umum PAN dan Eks Panglima TNI, Serta 3 Wamen Dilantik Jokowi

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara.”

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved