Khilafatul Muslimin di Kaur

Khilafatul Muslimin di Kaur, 25 Anggota Lepas Atribut Ormas dan Diberi Pembinaan

Bahkan, sebanyak 25 anggota yang tergabung pada ormas Khilafatul Muslimin itu bersedia melepas seluruh atribut dan mendapatkan pembinaan

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Perwakilan kelompok Khilafatul Muslimin di Desa Sumber Harapan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur mencopot plang nama dan melepas atribut di hadapan seluruh warga, Kamis (16/6/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, KAUR - Polres Kaur Polda Bengkulu bersama seluruh Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD)  melakukan pembinaan terhadap 25 orang warga Desa Sumber Harapan Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur yang diduga telibat dalam Kelompok Khilafatul Muslim.

Bahkan, sebanyak 25 anggota yang tergabung pada ormas Khilafatul Muslimin itu bersedia melepas seluruh atribut dan mendapatkan pembinaan dari pihak yang berwajib.

Hal itu menindaklanjuti lantaran beberapa waktu lalu, Kepolisian Negara Republik Indonesia menangkap sejumlah petinggi dan pengurus Kelompok Khilafatul Muslimin dari berbagai wilayah Indonesia.

Pasalnya pihak kepolisian menemukan dugaan bahwa kelompok organisasi masyarakat Khilafatul Muslimin berupaya menggantikan ideologi Pancasila.

Baca juga: Sidang Terduga Teroris, Kajati Bengkulu Heri Jerman: Saya Putuskan di Jakarta Dulu

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (Kabid Tibum Satpol PP) Kabupaten Kaur, Sulaiman Effendi membenarkan atas adanya kegiatan tersebut.

“Iya benar baru siang ini kita lakukan kegiatan itu. Bapak Kapolres, Asisten III Setda Kaur, serta para tokoh yang ada di Kabupaten Kaur juga turut dalam kegiatan pembinaan kelompok khalifatul Muslim di Desa Sumber Harapan Kabupaten Kaur," kata Sulaiman Effendi kepada TribunBengkulu.com, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Pelaku Pencurian Motor di Bengkulu Jual Motor Curian CBR Rp 3,8 Juta untuk Beli Ganja

Sementara itu, Kapolres Kaur, AKBP. Dwi Agung, S.I.K menjelaskan selain melakukan pembinaan, pihaknya juga memintak seluruh atribut yang berkaitan dengan Kelompok Khalifatul Muslim untuk dilepas.

“Selain bersedia diberikan pembinaan, kelompok Khilafatul Muslimin juga bersedia menghilangkan seluruh atribut yang ada berkaitan dengan itu. Hal tersebut sangat kami apresiasi,” Kata Kapolres Kaur, Dwi Agung  dalam unggahan video yang diposting kabid tibum Satpol PP Kabuapten Kaur.

Baca juga: Sidang Pembunuhan Vini, Ekspresi Apik Reliko Terdakwa Suami Bunuh Istri Tertunduk Lesu

Menurut Kapolres, dengan telah ditanda tangani kesepakatan oleh Kelompok khalifatul Muslim maka tidak ada lagi kelompok-kelompok di desa sumber harapan kabupaten Kaur.

Ia menambahkan, dengan dilepasnya seluruh atribut itu juga menandakan tidak adanya lagi kelompok khilafatul Muslimin di Kabupaten Kaur.

"Setelah melakukan pembinaan, kita lakukan kesepakatan dan menyerahkan seluruh atribut. Maka tidak ada kelompok Khalifatul Muslim lagi di Kabupaten Kaur," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved