Menko Airlangga Ingatkan Penjabat Kepala Daerah Percepat Vaksinasi Dosis 3

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan Penjabat Kepala Daerah yang baru bertugas, mempercepat vaksinasi Dosis-3.

Editor: Yunike Karolina
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyapa penjabat kepala daerah sebelum rapat koordinasi pada Kamis, 17 Juni 2022. 

TRIBUNBENGKULU.COM – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan Penjabat Kepala Daerah yang baru bertugas, mempercepat vaksinasi Dosis-3. Hal tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo..

Permintaan itu disampaikan Airlangga dalam pembekalan dan pengarahan pada Rapat Koordinasi dengan Penjabat Kepala Daerah di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Kamis, 16 Juni 2022.

“Jumlah vaksin kita masih banyak sekitar 40 juta dalam stok sampai akhir tahun dan 70 juta lagi yang akan dikirim. Diharapkan Dosis-3 akan didorong, khususnya di beberapa provinsi yang tingkat capaiannya masih rendah,” jelas Menko Airlangga.

Permintaan soal percepatan vaksinasi ini bukan tanpa sebab. Walau sebelumnya Indonesia telah terbukti cukup berhasil dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19, namun saat ini ada kenaikan jumlah kasus. Kasusnya varian virus baru BA.4 dan BA.5.

Varian baru ini dapat menular dengan cukup cepat, namun diperkirakan tidak akan menimbulkan kenaikan signifikan pada tingkat rawat inap dan kematian. Untuk mengantisipasi terjadinya puncak kasus dari varian baru tersebut, diperlukan respon dari masing-masing daerah untuk mengendalikan penyebaran varian baru tersebut.

Terkait dengan vaksinasi Dosis-1, masih terdapat 2 provinsi yang cakupannya masih rendah (<70>

Sementara itu vaksinasi Dosis-2 juga masih perlu diakselerasi di beberapa daerah yang cakupannya masih di bawah 70 persen yakni Papua, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

Menko Airlangga melanjutkan bahwa realisasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional per 3 Juni 2022 telah mencapai Rp95,14 triliun atau 20,9

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved