Seleksi Bawaslu Bengkulu 2022

Tertarik Jadi Anggota Bawaslu? Catat Tahapan dan Ketentuan Seleksi Bawaslu Bengkulu 2022

Seleksi Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Bengkulu 2022 dimulai 22-30 Juni 2022.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/Tribunbengkulu.com
Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Bengkulu 2022, Heri Supriyanto. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Seleksi Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Bengkulu 2022 dimulai 22-30 Juni 2022.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para calon anggota Bawaslu Bengkulu masa jabatan 2022-2027.

Untuk tahap awal dimulai dengan tahap pendaftaran dengan menyampaikan beberapa berkas persyaratan yang sudah ditentukan oleh Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu Bengkulu 2022.

"Tahap awal yakni pendaftaran dengan menyampaikan berkas-berkas yang telah ditentukan, yang dijadwalkan pada tanggal 22-30 Juni 2022 mendatang," ungkap Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Heri Supriyanto saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (16/6/2022).

Selanjutnya tahapan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan berkas administrasi para pendaftar yang sudah diserahkan kepada Timsel.

Jika ada peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi sesuai dengan yang telah ditentukan maka tentu akan gugur dengan sendirinya.

"Setelah melalui proses pemeriksaan berkas, maka selanjutnya para calon anggota Bawaslu akan melaksanakan tes tertulis, tes psikologi dan juga tes kesehatan," kata Heri.

Dalam ketiga tes tersebut, diakui Heri tentu juga akan menggugurkan calon anggota Bawaslu dengan sendirinya apabila dianggap tidak mampu memenuhi standar yang diharapkan.

Terakhir akan ada proses seleksi Wawancara untuk menentukan siapa saja nama-nama yang akan diusulkan untuk menjadi Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang baru.

"Terakhir kita akan ada rapat untuk menentukan siapa saja calon anggota Bawaslu yang namanya akan dikirimkan ke pusat. Karena nanti pusat yang akan menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang baru," ungkap Heri.

Namun diakui Heri, saat ini masih ada kendala terkait berapa nama yang akan diusulkan ke pusat tersebut.

Mengingat di Provinsi Bengkulu hanya ada 3 dari 5 anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang masa jabatannya berakhir pada tahun ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved