Cuaca Ekstrem

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologi Banjir dan Longsor

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini uaca ekstrem hingga tiga hari kedepan.

Editor: Hendrik Budiman
HO BMKG Bengkulu
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini uaca ekstrem hingga tiga hari kedepan. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga tiga hari kedepan.

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Bengkulu, pada Rabu (22/6/2022) menghimbau masyarakat khususnya di Provinsi Bengkulu untuk waspada bencana hidrometeorologi seperti bencana dan tanah longsor.

Hampir di seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu akan diguyur hujan dengan intensitas sedang-lebat pada 22 Juni sampai 24 Juni mendatang.

Kepala BMKG Provinsi Bengkulu Klaus Apoho Damanik melalui Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Anang Anwar mengatakan, cuaca ekstrem tersebut disebabkan adanya belokan angin di wilayah Bengkulu.

"Kemudian adanya kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas serta labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer di wilayah Bengkulu," kata Anang kepada TribunBengkulu.com, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Rawan Pohon Tumbang, DLHK Bakal Tebangi Pohon Lapuk di Kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu

Sehingga, menurut Anang dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan hampir merata diseluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

Ia menghimbau masyarakat khususnya daerah dipegunungan dan dekat aliran sungai waspada potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang, akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved