KPU Provinsi Bengkulu Sebut Ada Potensi Irisan Tahapan dalam Pilkada dan Pemilu Serentak Tahun 2024

Ada potensi irisan tahapan pada Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif, presiden dan kepala daerah serentak tahun 2024 mendatang.

Penulis: Beta Misutra | Editor: M Arif Hidayat
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra saat berbincang dengan TribunBengkulu.com, Rabu (22/6/2022) lalu. Dirinya menyebut ada Potensi Irisan Tahapan dalam Pilkada dan Pemilu Serentak Tahun 2024 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Ada potensi irisan tahapan pada Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif, presiden dan kepala daerah serentak tahun 2024 mendatang.

Sesuai peraturan Undang-undang, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) minimal dilaksanakan 8 bulan sebelum hari H Pilkada.

Karena hari H Pilkada akan dilaksanakan pada bulan November, ini artinya pada bulan Maret 2024 tahapan Pilkada sudah dimulai.

Sementara pelaksanaan pencoblosan Pemilihan legislatif dan presiden akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Kemudian akan dilanjutkan dengan proses rekapitulasi surat suara secara berjenjang sampai kepada penetapan nasional.

Mengingat berdasarkan pengalaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu dalam menyelenggarakan Pemilu, proses rekapitulasi biasanya akan berlangsung selama 1 bulan.

"Sekarang memang detail tahapannya belum, namun proses rekapitulasi pasti akan tetap dilakukan," ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra.

Sedangkan untuk melaksanakan tahapan Pilkada yang harusnya sudah dimulai pada bulan Maret, baru bisa dimulai apabila hasil Pemilu legislatif sudah ditetapkan.

Hasil Pemilu Legislatif itulah yang akan menjadi dasar pencalonan kepala daerah yang akan diusung dalam  Pilkada 2024.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved