Popda Bengkulu 2022

Tim Takraw Lebong Popda Bengkulu 2022 Didiskualifikasi, Terungkap Ada Atlet Tak Memenuhi Syarat Umur

Panitia dewan hakim sepak takraw Popda Bengkulu 2022 menemukan kecurangan yang dilakukan tim takraw Kabupaten Lebong.

Penulis: Kartika Aditia | Editor: Yunike Karolina
Kartika Aditia/Tribunbengkulu.com
Erizal, panitia dewan hakim sepak takraw Popda Bengkulu 2022 saat memberikan keterangan alasan tim takraw Lebong didiskualifikasi, Kamis (23/6/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Kartika Aditia

TRIBUNBENGKULU.COM- BENGKULU - Panitia dewan hakim sepak takraw Popda Bengkulu 2022 menemukan pelanggaran yang dilakukan tim takraw Kabupaten Lebong.

Temuan pelanggaran pada cabang olahraga takraw Popda Bengkulu 2022 ini berawal dari kecurigaan tim sepak takraw Kabupaten Kaur yang mengenal salah satu anggota tim Lebong berinisial SG dengan usia kelahiran di atas tahun 2005, yakni tahun 2003.

Hal itu jelas melanggar aturan mengingat salah satu peraturan dalam cabang olahraga takraw Popda Bengkulu 2022, atlet dengan usia maksimal kelahiran 1 Januari 2005.

Mengetahui kabar tersebut, tim dari Kabupaten Mukomuko yang sempat mengalami kekalahan atas tim Lebong mengajak tim dari Kabupaten Kaur untuk melapor.

"Pihak kami meminta dari panitia melakukan diskualifikasi sesuai yang telah disepakati awal dari dispora terkait pertandingan yang ada di popda ini," ujar Pengurus Cabang (Pengcab) PSTI Mukomuko, M Ampera.

Hal itu pun langsung ditanggapi oleh panitia yang segera melakukan pemeriksaan data, akte kelahiran atlet dari tim yang diduga curang tersebut.

"Maka dalam proses administrasi keabsahan, itu tidak memenuhi syarat. Artinya ada pelanggaran, dalam hal ini segera kami sidangkan baik yang memprotes maupun yang diprotes. Di situ kami ambil keputusan tim yang diprotes ini gugur," jelas panitia dewan hakim sepak takraw, Erizal saat dijumpai TribunBengkulu.com, Kamis (23/6/2022).

Untuk diketahui, poin tim takraw dari Lebong sudah unggul pada pertandingan semifinal melawan Kabupaten Kaur. Untuk menuju final melawan Bengkulu Selatan.

Namun karena dinyatakan gugur, Kabupaten Kaur melaju ke final menghadapi atlet tim takraw Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Setelah ini pertandingan akan kembali berjalan seperti seperti sebelumnya dengan Kaur melaju ke final melawan Bengkulu Selatan," ungkap Erizal.

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved