Banjir Bandang di Muara Enim

4674 Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Muara Enim dan Lawang Kidul

Banjir tersebut berawal adanya hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muara Enim.

Editor: Hendrik Budiman
Sripoku.com/ Ardani
Diterjang banjir bandang, sebuah jembatan gantung di RT 27, Dusun I, Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, putus sehingga aktivitas warga terutama ke kebun yang menggunakan jembatan gantung terhenti, Minggu (26/6/2022). 

TRIBUNBENGKULU.COM - Sebanyak 4674 Jiwa atau 1352 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di Kecamatan Muara Enim dan Lawang Kidul terdampak banjir bandang, Minggu (26/6/2022).

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan meninjau korban banjir dan jembatan gantung putus di Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Banjir tersebut berawal adanya hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muara Enim.

Sekitar tengah malam air dengan cepat naik sehingga menggenangi pemukiman warga dan menyebabkan banyak perabotan warga yang terkena banjir.

Dan untuk jembatan gantung yang putus akan dilakukan pengkajian dan perbaikan secepatnya.

"Kita sudah melakukan pendataan dan peninjauan, pendirian dapur umum dan posko untuk korban banjir" ujar Kurniawan.

Sementara itu Kepala BPBD Muara Enim Abdurrozieq, bahwa pada saat kejadian pihaknya bersama tim SAR PTBA, PT SBS dan intansi terkait lainnya sudah melakukan evakuasi dengan lima perahu karet untuk lansia, balita, ibu dan bayi menyusui.

Selain itu, telah mendirikan dua dapur umum dan posko korban banjir di Masjid Assadah Tanjung Enim.

Untuk itu, Abdurrozieq, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan untuk selalu menggiatkan budaya gotong royong membersihkan selokan.

Arinda (25) warga gang Bangka, Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim mengatakan bahwa sebelum kejadian ia memang sudah bersiap-siap dan waspada karena air naik begitu cepat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved