Kasus Roy Suryo

Kasus Roy Suryo Unggah Meme Stupa Mirip Presiden Jokowi, Polisi Sebut Mengandung Unsur Pidana

Polisi menyebutkan kasus Roy Suryo yang mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi mengandung unsur pidana.

Editor: Hendrik Budiman
Istimewa
Unggahan Roy Suryo foto stupa Borobudur dengan wajah Jokowi menjadi trending topik di Twitter. Polisi menyebutkan kasus Roy Suryo yang mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi mengandung unsur pidana 

TRIBUNBENGKULU.COM - Polisi menyebutkan kasus Roy Suryo yang mengunggah meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi mengandung unsur pidana.

Saat ini polisi sudah menaikan status kasus Mantan Menpora era SBY itu dari penyelidikan ke penyidikan setelah melakukan gelar perkara.

Baca juga: Tangkap Roy Suryo Trending Topik Twitter, Roy Suryo: Itu Hanya Pengalihan Isu Dari BuzzerRp

Perkara tersebut sebelumnya dilaporkan Kurniawan Santoso ke Polda Metro Jaya dan Kevin Wu di Bareskrim Polri.

"Artinya dua laporan polisi yang telah dipelajari dan juga dilakukan pemeriksaan, diinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan karena telah memenuhi adanya unsur pidana di dalamnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan kepada wartawan, Rabu (29/6/2022).

Adapun pasal yang disangkakan terkait dengan kasus ini adalah pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 A ayat 2 undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan atau pasal 156 A KUHP dan atau pasal 15 undang-undang nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Baca juga: Tangkap Roy Suryo Jadi Trending di Twitter Lantaran Unggah Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Namun, Zulpan tidak menjawab secara pasti kelanjutan laporan yang dibuat Roy Suryo kepada pengunggah pertama meme tersebut.

"Saya nggak ngomong itu (laporan yang dibuat Roy Suryo) dulu nanti kita update. Yang jelas dalam waktu dekat, besok akan dilakukan pemeriksaan tambahan terhadap saksi-saksi ahli setelah itu saya belum bisa sampaikan kapannya karena kan belum dibuatkan pemanggilan (kepada Roy Suryo)," ucapnya.

Penyidikan

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa peningkatan status perkara tersebut setelah penyidik melakukan sejumlah gelar perkara terhadap kasus tersebut.

Berkas perkara laporan kasus itu juga kini telah dilimpahkan Bareskrim Polri ke Polda Metro Jaya.

Laporan itu akan disatukan dengan laporan lainnya yang terdaftar di Polda Metro Jaya.

Statusnya dari proses penyelidikannya sudah dilakukan ditingkatkan penyidikan.

"Nanti update akan disampaikan oleh kabid humas Polda Metro Jaya. Artinya Polri tetap profesional di dalam proses penyidikan setiap perkara," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: Roy Suryo Sindir Ade Armando Sengaja Datangi Demo, Roy: Aksi Mahasiswa Kok Dibuat Konten, Ambyar

Peningkatan status perkara ini menandakan bahwa penyidik telah menemukan unsur pidana di balik kasus tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved