Akibat Cuaca Buruk, Penyebrangan ke Pulau Enggano Terpaksa Ditunda

Akibat cuaca buruk, penyebrangan ke pulau Enggano baik menggunakan KM Sabuk Nusantara maupun KMP Pulo Telo terpaksa ditunda.

Penulis: Beta Misutra | Editor: M Arif Hidayat
Ho TribunBengkulu.com
KMP Pulo Tello yang saat ini tidak bisa berangkat ke Pulau Enggano akibat cuaca buruk 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Akibat cuaca buruk, penyebrangan ke pulau Enggano baik menggunakan KM Sabuk Nusantara maupun KMP Pulo Telo terpaksa ditunda.

Kedua kapal tersebut tidak bisa melakukan penyebrangan akibat adanya gelombang tinggi dan angin kencang yang terpantau oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu.

"Pengumuman tersebut diumumkan oleh PT ASDP terhitung sejak hari ini Jumat, 1 Juli 2022," ungkap Kepala Bidang Pelayaran Dinas Perhubungan atau Dishub Provinsi Bengkulu, Sugeng Darojati saat dikonfirmasi, Jumat (1/7/2022).

Dari data BMKG, gelombang setinggi 2,5 meter sampai 4 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu - Pulau Enggano.

Dengan tinggi gelombang ini tentu cukup beresiko bagi KM Sabuk Nusantara dan KMP Pulo Telo untuk melakukan penyebrangan.

"Jadi kita mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan jasa KM Sabuk Nusantara maupun KMP Pulo Telo agar dapat memaklumi penundaan keberangkatan karena kondisi cuaca yang buruk ini," ungkap Sugeng.

Namun penundaan keberangkatan kapal ke pulau Enggano ini masih belum dapat dipastikan akan berlangsung hingga kapan.

Tentunya masih menunggu update terbaru pemantauan cuaca dan kondisi gelombang air laut yang dilakukan oleh BMKG Bengkulu.

Namun jika kondisi gelombang air laut sudah mulai normal kembali, maka penyebrangan oleh KM Sabuk Nusantara dan KMP Pulo Tello akan beroperasi kembali.

"Kapal akan segera diberangkatkan apabila kondisi cuaca sudah memungkinkan untuk terjaminnya keselamatan pelayaran," kata Sugeng. 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved