Breaking News:

Panggilan Darurat Call Center 112 Bengkulu Selatan Segera Diluncurkan, Siap Respon Cepat Tanggap

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam waktu dekat segera meluncurkan Layanan Panggilan Darurat Call Center 112.

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/Tribunbengkulu.com
Sekretaris Dinas Kominfo Bengkulu Selatan, Suwito 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam waktu dekat segera meluncurkan Layanan Panggilan Darurat Call Center 112.

Layanan ini merupakan yang ketiga ada di Provinsi Bengkulu, setelah Kota Bengkulu dan Seluma.

Informasi yang dihimpun TribunBengkulu.Com, panggilan darurat atau nomor darurat akan diluncurkan pertengahan Juli mendatang.

Tujuan diluncurkan Call Center 112 ialah memudahkan masyarakat menghafal satu nomor darurat, sehingga masyarakat mudah melapor apabila dalam keadaan darurat.

“Call Center 112 merupakan layanan panggilan darurat yang mudah diakses dan dihapal oleh masyarakat juga Call Center 112 bebas pulsa atau gratis, semua nomor bisa menghubungi tanpa dibebankan," Jelas Sekretaris Dinas Kominfo Bengkulu Selatan, Suwito Kepada TribunBengkulu.Com, Jum'at (1/7/2022).

Nantinya, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai pemegang pusat control layanan darurat, belum semua lanyanan bisa diberikan melainkan baru beberapa saja.

"Layanan call center 112 ini tahap pertama bekerjasama dengan Polres, Kodim, Dinas Kesehatan, Satpol PP - Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Sosial, Basarnas, PMI dan RSUD. Untuk yang lain akan segera kita jalin kerjasama nantinya," ungkapnya.

Layanan call center 112 Bengkulu Selatan ini, hanya direspon apabila berhubungan dengan nyawa. Jika diluar itu, maka operator yang bertugas tidak akan menindak lanjutinya.

"Banyak keuntunganya jika ini sudah dilucurkan. Soalnya sebagai kedaruratan yang ada di daerah kita tidak mendapatkan penanganan langsung. Hal tersebut diakibatkan tidak semua masyarakat ada contact layanan. Dapat diketahui juga, layanan ini hanya bersifat dengan bentuk nyawa. Pelayanan ini tidak menindak lanjuti masalah urusan administrasi," tuturnya.

Kabupaten Bengkulu Selatan juga nantinya juga akan bekerjasama dengan Kabupaten Kaur.

"Layanan Call Center juga bisa dinikmati oleh Kabupaten Kaur, karena layanan call center 112 Bengkulu Selatan ini bisa dijangkau dari frekuensi terdekat. Jadi jika ada bentuk atau jenis kedaruratan layanan call center 112 Bengkulu Selatan bisa langsung menyambungankan nantinya," Tutupnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved