Harga TBS Sawit Anjlok, Padahal Pasokan TBS Sawit di Bengkulu Tengah Berkurang, Ini Alasan Pabrik

Harga tandan buah segar atau TBS sawit di Bengkulu Tengah kembali mengalami penurunan. Meski beberapa waktu lalu harga TBS sawit di Bengkulu Tengah

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Pabrik kelapa sawit sepi pengunjung akibat dari kurangnya pasokan TBS dari petani, Sabtu (2/7/2022) 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga tandan buah segar atau TBS sawit di Bengkulu Tengah kembali mengalami penurunan.

Meski beberapa waktu lalu harga TBS sawit di Bengkulu Tengah sempat mengalami peningkatan. 


Sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) menurunkan harga sebesar Rp 50 perkilogramnya dalam dua hari terakhir, sebelumnya harga TBS menyentuh harga Rp 1.260, namun sekarang hanya menyentuh harga Rp 1.160.

Padahal pasokan TBS kelapa sawit di Bengkulu Tengah mengalami penurunan, namun pihak PKS beralasan tangki CPO kepenuhan. 

"Hari ini turun sebesar Rp 50 per kilogramnya, karena tangki CPO milik PT Palma Mas Sejati penuh dan sedang melakukan pembongkaran CPO," ujar Denny, salah satu pemilik delivery order (DO) di Bengkulu Tengah, Sabtu (2/7/2022). 


Dari pantauan TribunBengkulu.com, dalam tiga hari terakhir, sejak Rabu (29/6/2022) antrean truk pengangkut TBS sudah tidak terjadi lagi. 


"Biasanya kalau pasokan TBS kelapa sawit menurun, harga TBS akan meningkat, tapi ini malah menurun," ujar Denny. 


Disamping itu, Yondi salah satu pengepul kelapa sawit mengungkapkan, penurunan pasokan TBS ini disebabkan para petani yang melakukan mogok panen. 


Hal ini diperparah kondisi jalan menuju lokasi perkebunan yang tidak bisa dilalui akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir. 


"Kalau hari ini belum bisa masuk ke lokasi perkebunan, karena jalan yang kebanyakan tanah tidak bisa dilalui, kalau dipaksakan juga resikonya menginap di hutan," ujar Yondi. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved