Berkas 57 Pelamar Calon Bawaslu Provinsi Bengkulu Mulai Diverifikasi Timsel

Pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2027 ditutup pada Kamis lalu (30/06/2022) pukul 16.00 WIB.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu. Terlihat salah satu petugas keamanan sedang menjaga kantor Bawaslu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU -  Pendaftaran calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2027 ditutup pada Kamis lalu (30/06/2022) pukul 16.00 WIB.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Heri Supriyanto mengatakan mulai Senin ini (4/7/2022) panitia seleksi akan melakukan verifikasi administrasi.

Kemudian tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu akan dilanjutkan dengan verifikasi faktual terhadap berkas administrasi pendaftaran peserta .

"Kemarin itu hanya 52 yang memenuhi syarat untuk pemberkasan. Setelah dilakukan perbaikan dan melengkapi berkas, kini ada 57 peserta ya. Kita mulai akan melakukan verifikasi administrasi, lalu akan memverifikasi faktual," kata Heri, Minggu (3/7/2022).

Bagi para pendaftar yang berkasnya dinyatakan belum lengkap masih ada toleransi. Masih diberikan waktu untuk melengkapi berkas di masa perbaikan.

Sesuai dengan juknis yakni selama 4 hari kerja, yaitu 30 Juni sampai 5 Juli 2022.

Kemudian, berkas pendaftar yang sudah masuk akan dilakukan penelitian dan verifikasi.

" Timsel akan memeriksa secara faktual dan legalitas. Misalnya panitia mengecek pendaftar apakah anggota parpol atau bukan. Ini sekitar 4-5 hari prosesnya. Setelah verifikasi faktual ini, baru diumumkan, " beber Heri.

Untuk diketahui, pelamar calon Bawaslu Provinsi Bengkulu yang mendaftarkan diri ke Sekretariat Timsel calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2027 berjumlah 57 orang.

Dengan pendaftar yang berjenis kelamin laki-laki berjumlah 50 orang. Sedangkan untuk pendaftar berjenis kelamin perempuan berjumlah 7  orang.

"Kita juga heran, kok minimal sekali pendaftar wanita ini. Yang dari 57 pendaftar itu dominasi laki laki. Ada 50 orang pendaftar laki laki, " ungkap Heri.

Setelah, tahapan verifikasi faktual nanti. Maka selanjutnya bagi pendaftar yang dinyatakan lolos administrasi akan mengikuti test Computer Assisted Test (CAT).

Hal ini sesuai dengan rangkaian jadwal tahapan rekrutmen calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu masa tugas 2022-2027.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved