Warga Bengkulu Selatan Gotong Royong Perbaikan Jalan Provinsi, Bupati Gusnan Ikut Aduk Semen

Masyarakat tiga Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan gotong royong melakukan perbaikan jalan provinsi yang sudah lama rusak.

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Masyarakat tiga Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan gotong royong melakukan perbaikan jalan provinsi yang sudah lama rusak.

Adanya perbaikan jalan provinsi penghubung kecamatan Manna, Seginim dan Air Nipis membuat sementara arus lalu lintas dari simpang Tiga Kayu Kunyit menuju Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan ditutup, dan dialihkan.

Berita Bengkulu: Naik Sebentar, Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur Turun Lagi

Berita Bengkulu: Harga Kedelai Naik, Pabrik Tahu Tempe di Bengkulu Selatan Siasati Ukuran Produksi

Informasi yang diperoleh TribunBengkulu.com, anggaran untuk perbaikan jalan provinsi di Bengkulu Selatan ini dari hasil sumbangan.

Dikatakan perwakilan masyarakat, Nurman (36), gotong royong yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian terhadap orang banyak. Di mana jalan ini merupakan jalan lintas pehubung beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan.

"Sebenarnya sudah lama kami memikirkan untuk melakukan perbaikan, namun baru hari ini terlaksana. Hal ini merupakan bentuk keperihatinan kami terhadap jalan yang tidak pernah bagus. Jalan ini merupakan jalan lintas yang setiap hari ribuan kendaraan yang melewati," beber Nurman kepada TribunBengkulu.com, Minggu (3/7/2022).

Kegiatan perbaikan jalan provinsi ini bisa terlaksana juga berkat bantuan dari Pemkab Bengkulu Selatan. Bupati Bengkulu Selatan pun langsung menyambut baik saat warga mengusulkan perbaikan secara gotong royong.

"Banyak yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu masyarakat, kepala desa di tiga kecamatan Manna, Seginim dan Air Nipis dan juga Pemkab Bengkulu Selatan. Mulai dari pihak kecamatan maupun OPD terkait seperti PUPR, DLHK, Satpol PP - Damkar dan juga TNI-Polri," terang Nurman.

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi yang ikut gotong royong perbaikan jalan provini mengungkapkan untuk melakukan perbaikan secara permanen di jalan rusak akses utama masyarakat 3 kecamatan ini merupakan wewenang Pemprov Bengkulu.

"Ini jalan provinsi bukan jalan kabupaten, sudah beberapa kali diusulkan lantaran karena covid-19 dana untuk melakukan rehab belum tersedia. Dengan adanya pemikiran dari masyarakat, saya sangat mendukung sepenuhnya kegiatan gotong royong perbaikan jalan ini," kata Gusnan Kepada TribunBengkulu.com, Minggu (3/7/2022).

Kepada masyarakat pengguna jalan dari Simpang Tiga Kayu Kunyit menuju Air Nipis atau sebaliknya diminta untuk menggunakan jalan alternatif terlebih dulu. 

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bengkulu Selatan, Teddy Setiawan membenarkan jika sudah sekitar dua sampai tiga tahun jalan ini tidak mendapatkan anggaran untuk dilakukan perbaikan.

Namun, informasi yang ia dapatkan di tahun depan jalan ini akan direhab oleh Pemprov Bengkulu melalui Dinas PUPR Provinsi Bengkulu.

"Mungkin sudah 2-3 tahun yang lalu terakhir mendapatkan perbaikan. Tetapi di tahun 2023 mendatang, jalan ini segera dianggarkan untuk dilalukan perbaikan. Jalan ini merupakan jalan prioritas," ujar Teddy.

Gotong royong ini ditargetkan rampung dalam waktu satu hari. Banyak pertimbangan jika tidak selesai dalam satu hari pengerjaan.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved