Jungkir Balik Harga TBS Sawit

Harga TBS Sawit Semakin Merana, Petani Pasrah: Sejak Berkebun Baru Ini SPP Anak Menunggak

Harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah terus mengalami penurunan harga sejak sepekan terakhir.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga tandan buah segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah terus mengalami penurunan harga sejak sepekan terakhir, hingga saat ini menyentuh harga Rp 1.060 per kilogram pada Selasa (5/7/2022).

Para petani sawit pun menjerit dengan rendahnya harga TBS sawit saat ini namun hanya bisa pasrah.

Sebab jika harga TBS Sawit tingkat pabrik kelapa sawit (PKS) hanya Rp 1.060 per kilogram maka di petani hanya menyentuh harga Rp 600 hingga Rp 700 per kilogram.

"Kalau Rp 700, dipotong juga upah panen maka kami hanya mendapatkan Rp 400 per kilogramnya, dan itu sangat tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujar Riskan salah satu petani sawit di Bengkulu Tengah.

Akibat dari pelarangan ekspor CPO yang dikeluarkan pada Mei lalu, memberikan dampak yang sangat memberatkan para petani kelapa sawit khususnya di Bengkulu Tengah.

"Kalau sekarang, mau mengeluh juga percuma, tiap hari mengeluh juga tidak akan didengar oleh pemerintah, kalau kata pak Jokowi itu, 'jangan panik', ya sudah kita jalani saja," ungkapnya.

Jika pemerintah memang hadir di tengah masyarakat, Riskan meminta saat ini lah waktu yang tepat, karena para petani sudah sangat kesusahan dengan kondisi harga TBS sawit yang anjlok. 

Riskan yang sehari-hari mengandalkan hasil dari kebun sawitnya pun saat ini belum mampu membayar uang sekolah anaknya akibat harga TBS yang anjlok.

"Baru ini sejak saya berkebun sawit saya tidak bisa membayar SPP anak saya, dan harus menunggak hingga Rp 650 ribu," kata Riskan.

Ia pun berharap agar harga TBS bisa kembali meningkat, agar kehidupannya bersama keluarga bisa kembali membaik.

Baca juga: BStation MOD APK Tonton Film Anime Gratis Dengan Fitur Full HD Hingga Fitur Terbaru Unlocked VIP

Baca juga: Animasu Net Versi Terbaru, Nonton Anime Sub Indonesia Gratis dan Lengkap

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved