Terjun Bebas, Harga TBS Sawit Hari Ini di Pabrik Bengkulu Tengah Rp 820 per Kg, di Petani?

Harga TBS sawit di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Tengah terjun bebas hingga menyentuh harga Rp 820 per kilogram.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit hari ini di sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Tengah terjun bebas hingga menyentuh harga Rp 820 per kilogram (Kg), Kamis (7/7/2022).

Penurunan harga TBS sawit ini akibat dari pemasaran CPO yang belum menemui titik terang, sehingga PKS harus menumpuk CPO.

"Kalau kondisi saat ini, tangki CPO milik sejumlah PKS di Bengkulu Tengah relatif mengalami kepenuhan. Bahkan PT Palma Mas Sejati tutup hari ini (7/7/2022) akibat tangki CPO penuh," ungkap Denny, salah satu supplier TBS sawit di Bengkulu Tengah.

Penurunan harga TBS sawit di Bengkulu Tengah bervariasi dari sejumlah pabrik, mulai dari Rp 130 hingga Rp 150 tiap kilogramnya.

Seperti di PT Agra Sawitindo, semula harga TBS sawit dari harga Rp 1.030 saat ini hanya menyentuh harga Rp 900 per kilogram.

Penurunan yang paling signifikan juga terjadi di PT Citra Sawit Lestari, semula dari harga Rp 970 per kilogram  saat ini turun sebesar Rp 150 per kilogram hingga menyentuh harga Rp 820 per kilogram.

Sedangkan, PT Palma Mas Sejati harus menutup operasinya hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

"Belum tahu kapan PT Palma Mas Sejati ini akan operasi lagi, harus menunggu pembongkaran CPO terlebih dahulu," kata Denny.

Harga tersebut membuat sejumlah petani kelapa sawit menjerit dan memilih untuk melakukan penundaan panen. 

"Kalau ditingkat pabrik itu Rp 820 per kilogram, maka di tingkat petani hanya Rp 500, dipotong upah panen Rp 300. Maka petani hanya mendapat bersih Rp 200 per kilogram, wajar saja kalau para petani melakukan penundaan panen," ungkap Denny.

Baca juga: Download 15 Link Twibbon Hari Koperasi Nasional 2022 ke-75, Melalui Laman Twibbonize.com

Baca juga: Kumpulan Contoh Judul Skripsi Teknik Mesin Terbaru 2022, Cocok Dijadikan Referensi Penulisan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved