Antrean Truk Sawit Sepi, Pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur Naikan Sedikit Harga TBS Sawit

Sempat tutup, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Bengkulu Selatan dan Kaur kembali beroperasi, Senin (11/7/2022).

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Antrean truk TBS sawit terlihat sangat sepi di PT BSL, Bengkulu Selatan sejak dibuka kembali setelah hari raya Idul Adha. Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur naik sedikit. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Sempat tutup, Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Bengkulu Selatan dan Kaur kembali beroperasi, Senin (11/7/2022). Lalu berapa harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan dan Kaur setelah Idul Adha?

Pantauan TribunBengkulu.com, antrean truk sawit di sejumlah pabrik di Kabupaten Bengkulu Selatan sepi. Akibat sepinya TBS sawit dari ram atau toke, beberapa PKS di Bengkulu Selatan dan Kaur menaikan sedikit harga TBS sawit hari ini, Selasa (12/7/2022). 

Informasi yang dihimpun TribunBengkulu.com, PKS hanya menaikan harga TBS sawit sebesar Rp 50 sampai dengan Rp 100 tiap kilogramnya.

Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman mengungkapkan harga TBS sawit hari ini tertinggi dibeli PT CBS di angka Rp 1.030 dan terendah Rp 860.

"Benar hari ini kita naikan harga sebesar Rp 50 perkilo. Kita masih tetap membeli sesuai dengan wilayah, Bintuhan Rp 860 per kilogram, Padang Guci Rp 950 per kilogram dan Manna Rp 1.030 per kilogram," jelas Yuliman Kepada TribunBengkulu.com, Selasa (12/7/2022).

Diakuinya, sejak pabrik dibuka lagi, kondisi antrean truk TBS sawit dan pembelian TBS saat ini masih sangat sedikit. Lantaran, banyak petani belum melakukan panen.

"Mungkin masyarakat atau petani masih sibuk dengan mengurus daging kurban, Jadi belum banyak panen. Hingga kini pembelian TBS sawit belum normal kembali seperti biasa yang setiap hari mencapai 700 ton sampai 800 ton," ungkap Yuliman.

Lalu berapa harga TBS sawit di PT BSL Bengkulu Selatan? Harga TBS Sawit hari ini di PT BSL mengalami kenaikan sedikit lebih tinggi dibandingkan PT CBS yang berada di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur. 

Humas PT BSL, Idius Safari menerangkan, hari ini pihaknya menaikan harga TBS sawit sebesar Rp 100 tiap kilogramnya.

"Naik harga hari ini, yang sebelumnya harga umum Rp 680 per kilogram menjadi Rp 780 per kilogram. Sedangkan harga mitra, sebelumnya di angka Rp 880, hari ini menjadi Rp 980," kata Idius.

Sementara untuk diketahui, harga TBS sawit tingkat petani saat ini hanya di angka Rp 500 per kilogram sampai dengan Rp 600 per kilogram.

Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda kenaikan harga TBS sawit sesuai dengan harga ketetapan. Begitupun dengan kebijakan untuk mengatasi anjloknya harga TBS sawit di Bengkulu, baik itu oleh pemrintah daerah maupun pemerintah pusat.

Baca juga: Meski Dilarang Gunakan Solar Subsidi, Sopir Truk di Bengkulu Selatan Kekeh Antre di SPBU

Baca juga: Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan ke Bengkulu, Petugas Perketat Keamanan

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved