Jungkir Balik Harga Sawit

Bikin Cemas, Harga CPO Dunia Memble, Harga TBS Petani Masih Juga Anyep

Halo para tribuners sawiters semua. Sekali-kali kita bahas juga tentang harga CPO dunia. Harapannya konten ini bisa menambah pengetahuan kita para pe

Editor: prawira maulana
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Tandan buah segar (TBS) kelapa sawit siap jual. Hari ini harga sawit masih juga rendah. 

TRIBUNBENGKULU.COM - Halo para tribuners sawiters semua. Sekali-kali kita bahas juga tentang harga CPO dunia. Harapannya konten ini bisa menambah pengetahuan kita para petani sawit makin melek dan gak bisa mudah diputer-puter para cukong dan kita juga bisa cuan.

Harga minyak sawit mentah CPO anjlok di sesi awal perdagangan pada Rabu (13/7/2022). Ini meneruskan koreksi pada hari sebelumnya. 

Mengacu pada data Refinitiv, pukul 08:20 WIB, harga CPO diperdagangkan di posisi MYR 4.000/ton atau ambles 2,82 persen dan menjadi posisi terendah sejak 14 Juli 2021.

Baca juga: Harga TBS Sawit Bengkulu Tengah Naik Lagi, Petani Masih Tunda Panen

Kabarnya, Penurunan harga CPO tersebut dipicu oleh perlambatan ekspor CPO Malaysia pada Juli sehingga persediaan CPO di akhir Juni lebih tinggi.

Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) melaporkan persediaan minyak sawit Malaysia akhir Juni melesat 8,8 persen dari bulan sebelumnya menjadi 1,66 juta ton karena produksi minyak sawit mentah naik 5,8 persen menjadi 1,55 juta ton di Juni.

Di sisi lainnya, pada pekan lalu, pemerintah Indonesia mengatakan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan kandungan bahan bakar berbasis minyak sawit dalam biodieselnya menjadi 35 persen dari 30 persen, atau yang di kenal sebagai B35 dan akan dimulai pada 21 Juli 2022.

Baca juga: Truk Sawit Dilarang Beli Solar Subsidi, Ongkos Bisa Naik 3 Kali Lipat, Ini Hitung-hitungannya

Tidak hanya itu, pemerintah juga sedang mempertimbangkan pemotongan pungutan ekspor untuk memacu ekspor dan mengurangi persediaan CPO dalam negeri yang membengkak.

Waduh harga CPO dunia makin anjlok sementara harga TBS belum juga naik, bagaimana ini? Kapan para petani bisa menikmati harga bagus. Waktu lalu saat harga bagus, kita malah menutup ekspor.

Paling tidak kemarin Menteri Luhut sudah mulai memberikan angin segar. Mulai dari rencana penurunan pajak ekspor CPO, pembangunan tangki cpo, percepatan DMO sampai ramuan ajaib yang bernama B35.

Kita tunggu pak bro menteri.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved