Cerita Tauke Sawit di Bengkulu: Sudah Seminggu Tak Mendapatkan TBS Sawit karena Petani Tunda Panen

Syafe'i (38) salah satu pengumpul atau tauke (toke) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengaku dalam satu pekan terakhir belum mendapatkan pasokan TBS

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Syafe'i tauke (toke) sawit saat menyusun TBS sawit yang jumlahnya tidak seberapa di depan rumah milik Syafe'i, Rabu (13/7/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Syafe'i (38) salah satu pengumpul atau tauke (toke) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah mengaku dalam satu pekan terakhir belum mendapatkan pasokan Tandan Buah Segar (TBS) sawit dari para petani.

Hal tersebut disebkan para petani kelapa sawit yang enggan untuk melakukan pemanenan akibat dari harga TBS sawit anjlok.

"Biasanya satu hari bisa dapat 500 - 800 kilogram TBS sawit, lumayan tiga hari sudah bisa jual, kalau sekarang sulit sekali mencari petani yang ingin panen," ungkap Syafe'i kepada TribunBengkulu.com, Rabu (13/7/2022).

Dirinya pun mengeluhkan harga TBS sawit yang anjlok dalam beberapa waktu terakhir, sebab hal tersebut juga sangat berdampak pada usaha miliknya.

"Saya sehari-hari hanya mengandalkan hidup dari sini, tapi sekarang kondisi usaha saya sedang terpuruk," kata Syafe'i.

Para petani langganan Syafe'i beralasan belum melakukan pemanenan dikarenakan masih menunggu harga TBS sawit mengalami peningkatan.

"Kata petani mereka menunggu beberapa waktu dulu, kalau sekarang panen mereka mengaku tidak mendapatkan keuntungan," ucapnya.

Saat ini harga TBS sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) secara perlahan mengalami peningkatan dan menyentuh harga Rp 1.050 per kilogram.

"Kalau hari ini ada TBS sawit petani yang bisa saya beli, palingan saya beli di harga Rp 600 hingga Rp 750, tergantung jarak dari kebun itu," jelas Syafe'i.

Baca juga: Apkasindo Bengkulu Minta Petani Bersabar, Semua Keluhan Petani Sudah Disampaikan ke Luhut

Baca juga: Pabrik Minyak Goreng Bakal Dibangun Presiden Jokowi di Bengkulu, Luhut: Juga Pabrik dan Tangki CPO

Baca juga: Luhut ke Bengkulu, Menko Marves Ini Sebut Penurunan Pajak Ekspor CPO akan Stabilkan Harga TBS Sawit

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved